Info

Pelepas Dahaga saat Buka Puasa, Kenali 5 Manfaat Air Kelapa

Selain segar, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Air kelapa. (pixabay)
Air kelapa. (pixabay)

Himedik.com - Air kelapa dikenal karena kandungan konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineral yang tinggi. Selain itu, kesegaran air kelapa adalah pilihan tepat untuk melepas dahaga, terlebih di saat bulan puasa seperti ini.

Melansir dari Medical News Today, berikut adalah beberapa kandungan baik air kelapa yang berguna untuk kesehatan Anda.

1. Minuman Elektrolit Alami

Elektrolit alami air kelapa membuatnya sangat cocok untuk minuman elektrolit tradisional seperti Gatorade. Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan, banyak minum air kelapa sebagai minuman elektrolit yang lebih alami.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat bekerja sama baiknya dengan minuman elektrolit tradisional. Minuman elektrolit sendiri beguna untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan tubuh.

2. Rendah kalori

Dengan hanya 45 kalori per cangkir, air kelapa adalah pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau bahkan jus buah. Air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus.

Masih dilansir dari Medical News Today, Air kelapa juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

Air kelapa (telegraph)
Air kelapa (telegraph)

3. Kalium

Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali jumlah kalium dari kebanyakan minuman elektrolit. Segelas 8 ons air kelapa dikemas dengan potasium sebanyak pisang.

Dengan 405 mg per cangkir, kalium dalam air kelapa dapat membantu Anda menangkal kram. Kalium juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat berolahraga.

Selain itu, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan membantu menurunkannya.

Pelepas Dahaga saat Buka Puasa, Kenali 5 Manfaat Air Kelapa - 2
Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]

4. Kalsium dan Magnesium

Kalsium tidak hanya penting untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Kandungan ini juga akan membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik.

Saat berolahraga, otot menarik tulang dan memecahnya sedikit. Saat tubuh mulai pulih, tulang menggunakan kalsium untuk menjadi lebih kuat.

Sementara itu, magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Ini juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ.

5. Antioksidan

Selain semua manfaat hidrasi, air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang diciptakan oleh olahraga.

Cari air kelapa segar untuk mendapatkan antioksidan tingkat tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini