Info

Penderita Diabetes dengan Covid-19 Perlu Serius Kontrol Gula Darah

Orang dengan diabetes tipe 2 yang kadar gula darah terkontrol memiliki kondisi jauh lebih baik.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Sebuah studi baru menambah bukti bahwa orang dengan diabetes tipe 2 berada pada risiko yang lebih besar jika terinfeksi virus Covid-19. Dilansir dari Science Daily, hal tersebut didasarkan pada sebuah studi yang dilaporkan dalam jurnal Cell Metabolism pada 30 April 2020.

Tetapi ada beberapa berita menggembirakan. Sebab orang dengan diabetes tipe 2 yang kadar gula darah terkontrol memiliki kondisi jauh lebih baik daripada mereka yang tidak.

"Kami terkejut melihat hasil yang menguntungkan pada kelompok glukosa darah yang terkontrol dengan baik di antara pasien dengan Covid-19 dan diabetes tipe 2 yang sudah ada sebelumnya," kata penulis senior Hongliang Li dari Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan.

"Mempertimbangkan bahwa orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk kematian dan berbagai komplikasi, dan tidak ada obat khusus untuk Covid-19," ujarnya.

"Temuan kami menunjukkan bahwa mengendalikan gula darah dengan baik dapat bertindak sebagai pendekatan tambahan yang efektif untuk meningkatkan prognosis pasien dengan Covid-19 dan diabetes yang sudah ada sebelumnya," jelasnya.

Seorang perempuan menyuntikkan obat diabetes. [shutterstock]
Seorang perempuan menyuntikkan obat diabetes. [shutterstock]

Lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia memiliki diabetes tipe 2. Sementara itu jelas bahwa orang-orang dengan kondisi ini lebih buruk dengan Covid-19, Li dan rekan bertanya-tanya apa peran kontrol glukosa darah seseorang pada hasil tersebut.

Untuk mengetahuinya, mereka melakukan penelitian multi-pusat longitudinal retrospektif termasuk 7.337 dikonfirmasi Covid-19 kasus yang terdaftar di antara 19 rumah sakit di Provinsi Hubei, China.

Berita Terkait

Berita Terkini