Info

Jangan Langsung Sikat Gigi, Begini Cara Efektif Membersihkan Mulut!

Ternyata menjaga kebersihan mulut dan gigi tidak bisa dengan langsung sikat gigi, seperti yang selama ini banyak dilakukan orang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Sikat gigi. (Pixabay/jennyfriedrichs)
Sikat gigi. (Pixabay/jennyfriedrichs)

Himedik.com - Kebersihan mulut dan gigi adalah satu hal yang penting di perhatikan demi mencegah berbagai penyakit serius. Tapi, banyak orang yang masih salah dalam membersihkan gigi, terutama cara penggunaan sikat gigi dan obat kumur.

Dalam hal ini, obat kumur adalah satu alat yang sangat berharga untuk menjaga kebersihan mulut. Tetapi, mungkin Anda sering salah dalam menggunakannya.

Kebanyakan orang pasti akan mulai dengan menyikat gigi terlebih dahulu, lalu menggunakan obat kumur ketika membersihkan gigi dan mulut.

Baru-baru ini seorang pengguna TikTok @kassyslays90 memberi tahu urutan dalam membersihkan gigi melalui unggahannya. Ia mengatakan seseorang perlu menggunakan oabt kumur sebelum menyikat gigi.

"Cara yang tepat untuk menyikat gigi adalah pertama Anda berkumur menggunakan alkohol, kemudian gunakan benang, sikat gigi dan bilas menggunakan fluoride," ujarnya dikutip dari Metro.

Oral-B memamerkan Genius X, sikat gigi yang sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 Barcelona. (Dok.Oral-B)
Oral-B memamerkan Genius X, sikat gigi yang sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 Barcelona. (Dok.Oral-B)

Anda harus menggunakan obat kumur dulu untuk membunuh kuman sebelum menyikat gigi. Kemudian bersihkan menggunakan fluoride ramah enamel jika diperlukan.

Dr. Suhail Mohiuddin, seorang dokter gigi pun menanggapi unggahan Kassy di TikTok. Ia turut menjelaskan tata cara membersihkan gigi yang benar sesuai kondisi masing-masing orang.

Suhail Mohiuddin mengatakan seseorang harus menggunakan obat kumur berbasis alkohol sebelum menyikat gigi, terutama bila seseorang mengalami gusi berdarah.

Jika Anda tidak mengalami gusi berdarah, dokter tidak mengharuskan Anda melakukan langkah tersebut. Anda cukup menyikat gigi selama 2 menit dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang.

Ilustrasi anak sikat gigi. (iStock)
Ilustrasi anak sikat gigi. (iStock)

Kemudian, Anda perlu membesihkannya dengan fluoride ramah enamel. Tapi, dokter tidak menyarankan Anda berkumur dengan air setidaknya selama 5 menit setelah pembilasan menggunakan fluoride.

Langkah ini penting dilakukan supaya fluoride menyerap sempurna dan mengurangi risiko gigi berongga.

Dokter gigi juga menyarankan seseorang melakukan langkah membersihkan gigi tersebut setidaknya 2 kali sehari. Tapi, malam hari adalah waktu yang terbaik untuk penyerapan fluoride sebelum tidur.

Anda perlu menjaga kebersihan gigi karena ini bisa berhubungan dengan sejumlah penyakit. Studi terbaru telah membuktikan bahwa kesehatan mulut yang buruk berkaitan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, penurunan kognitif dan pneumonia.

Berita Terkait

Berita Terkini