Info

Menghindari Virus, Ini Tips Aman Makan di Luar Rumah saat Pandemi Corona

Saat restoran terlalu ramai, membawa pulang makanan tetap opsi terbaik.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi restoran. (Pixabay)
Ilustrasi restoran. (Pixabay)

Himedik.com - Kebijakan karantina mandiri dan imbauan di rumah aja akibat pandemi corona Covid-19 membuat kebiasaan makan di luar rumah pun terbatas.

Di beberapa wilayah Indonesia sendiri, banyak restoran memilih tetap beroperasi dan kembali menerima pengunjung untuk dine in. Bedanya, kini protokol higienitas diperketat dan sabun maupun hand sanitizer selalu disediakan.

Namun sebenarnya, apakah aman untuk makan di luar rumah di tengah pandemi corona seperti ini? Perlukah kita tetap menggunakan masker saat makan?

Jade Flinn, MSN, yang merupakan pendidik perawat untuk Biocontainment Unit di Johns Hopkins Medicine, mengatakan bahwa orang harus mencoba menghindari restoran yang terlihat terlalu ramai demi keamanan.

Ia juga menambahkan bahwa ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan pengunjung untuk memastikan bahwa mereka tidak menularkan virus satu sama lain.

"Bahkan duduk berdampingan akan sangat membantu, sehingga kamu tidak saling meludahkan makanan, atau hal-hal seperti itu," kata Flinn, seperti dikutip dari Today. Jika tempat tersebut terlalu ramai, Flinn menyarankan lebih baik untuk take away saja makanannya.

Ilustrasi restoran penyaji burger. (Shutterstock)
Ilustrasi restoran penyaji burger. (Shutterstock)

Di sisi lain, saat Anda tengah makan, sangat tidak mungkin untuk memakai masker dengan benar. Sebab, membuka tutup masker di sela-sela makan justru dapat meningkatkan risiko penyebaran virus dari masker ke tangan Anda.

Solusinya, ia menyebut untuk melepas masker wajah saja. Namun dengan catatan masker harus disimpan di tempat yang bersih.

"Kamu ingin menyimpannya di dalam kantong yang berventilasi baik, biasanya kantong kertas, jadi tidak ada kemungkinan bahwa itu akan menumbuhkan jamur yang mungkin terperangkap," ujarnya.

Jika Anda keluar untuk makan, masker harus disimpan dengan aman di dalam kantong plastik atau kertas, jadi pastikan untuk membawa yang bersih dari rumah.

Ilustrasi restoran (Pixabay Neshom)
Ilustrasi restoran (Pixabay Neshom)

Salah satu kelompok restoran yang berlokasi di Hong Kong, di mana bisnis mulai menyala kembali, mengatakan bahwa mereka sudah mulai menyediakan makan malam dengan tas bersih untuk menyimpan masker saat makan.

Syed Asim Hussain, salah satu pendiri Grup Black Sheep Restaurant, mengatakan gerakan itu telah diterima dengan baik oleh pengunjung sejauh ini.

Flinn juga mencatat bahwa penting bagi orang-orang untuk belajar cara melepaskan masker mereka dengan aman. Caranya, selalu pegang tali pengikat, alih-alih menyentuh kain yang menutupi wajah, sambil melepaskan masker.

"Ketika Anda berpikir tentang melepasnya, kebanyakan orang hanya mengambilnya di depan wajah mereka dan seperti menariknya," kata Flinn.

"Tapi sisi pertama masker itu mungkin yang paling terkontaminasi, terutama dari lingkungan itu sendiri," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini