Info

Temuan Baru, Alat Bedah Bisa Tertinggal dalam Tubuh Pasien hingga 6 Bulan!

Dari semua jenis operasi, yang paling sering alat bedah tertinggal adalah operasi perut.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi operasi (Pixabay/TheShiv76)
Ilustrasi operasi (Pixabay/TheShiv76)

Himedik.com - Tindakan pembedahan atau operasi terkadang perlu dilakukan untuk menyelamatkan nyawa pasien. Tapi di sisi lain, tindakan pembedahan juga hadir dengan risiko. Salah satunya adalah alat bedah yang tertinggal di tubuh pasien.

Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa alat bedah seperti tabung drainase, stent vaskular atau paket pembedahan bisa tertinggal di tubuh seseorang, baik setelah operasi atau selama perawatan pasca operasi.

Dilansir dari Medical Xpress, bahkan satu dari enam insiden tidak terdeteksi selama setidaknya enam bulan.

Penelitian baru yang melibatkan konsorsium universitas termasuk Universitas Macquarie dan Universitas Australia Selatan tidak hanya mengidentifikasi lamanya waktu sebelum 'instrumen bedah yang dipertahankan' ini tetap tidak terdeteksi, tetapi juga alasan utama mengapa hal itu terjadi.

Dipimpin oleh Peter Hibbert, Profesor Rekanan dengan Universitas Macquarie dan seorang peneliti dengan unit Sekutu Kesehatan dan Kinerja Manusia UniSA, penelitian ini didasarkan pada analisis 31 investigasi terhadap insiden yang terjadi di rumah sakit di Victoria dan mengakibatkan pasien menderita kerusakan serius.

Insiden alat bedah yang tertinggal terjadi pada semua jenis operasi, tetapi paling sering pada operasi perut. Mereka juga dapat terjadi selama perawatan pasca operasi seperti ketika mengelola saluran pembuangan bedah.

Ilustrasi tindakan bedah. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi tindakan bedah. (Sumber: Shutterstock)

Penelitian menunjukkan bahwa dari insiden alat bedah yang salah ditinggalkan di dalam pasien, 68 persennya adalah paket bedah, tabung pembuangan atau perangkat vaskular.

Hampir seperempat dari insiden terdeteksi segera setelah periode pasca operasi atau pada hari prosedur. Namun, satu dari enam hanya terdeteksi setelah 6 bulan, periode terpanjang adalah 18 bulan.

Associate Professor Hibbert mengatakan bahwa mengingat bahaya dan kesulitan yang terkait dengan jenis insiden ini, sangat penting untuk mengidentifikasi jumlah dan jenis peristiwa dalam sistem rumah sakit. Begitupun dengan cara-cara yang mungkin untuk menghindari peristiwa di masa depan.

"Penelitian baru ini tidak hanya mengidentifikasi cara yang paling umum di mana instrumen bedah tetap terjadi, tetapi juga menunjukkan pentingnya meninjau beberapa peristiwa dari beberapa rumah sakit untuk menentukan faktor yang paling berkontribusi," Professor Hibbert.

Ilustrasi klinik bedah kecantikan. [Shutterstock]
Ilustrasi operasi/pembedahan. (Shutterstock]

Faktor-faktor yang paling mungkin berkontribusi pada alat bedah yang salah ditinggalkan di dalam pasien setelah operasi termasuk:

1. Operasi yang berlangsung lebih lama atau lebih kompleks dari yang diharapkan

2. Staf yang tidak menghitung jumlah perangkat yang digunakan, seperti paket bedah (spons) baik sebelum, dan sesudah prosedur serta kelelahan dan komunikasi yang buruk antara staf.

3. Fitur desain instrumen bedah dan saluran pembuangan.

Professor Hibbert pun mendesak semua rumah sakit untuk menggunakan hasil penelitian. Hal itu demi lebih memahami kejadian langka namun serius dan menyedihkan ini serta bagaimana cara mencegah alat bedah tertinggal di tubuh pasien.

Berita Terkait

Berita Terkini