Info

Karantina di Rumah Aja Tingkatkan Risiko Psikosis, Begini Gejalanya!

Masa isolasi atau karantina mandiri di rumah aja justru meningkatkan risiko seseorang mengalami psikosis yang gejalanya perlu diwaspadai.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Kesehatan mental. (pixabay/Wokandapix)
Kesehatan mental. (pixabay/Wokandapix)

Himedik.com - Masa isolasi mandiri di rumah aja selama wabah virus corona Covid-19 telah meningkatkan masalah kesehatan mental, seperti psikosis. Psikosis merupakan suatu gangguan mental yang ditandai adanya diskoneksi dengan realita. 

Dr Ellie Brown, penulis utama dalam studi Schizophrenia Research, juga telah mengatakan peningkatan depresi dan kecemasan selama pandemi menyebabkan lonjakan kondisi kesehatan mental parah.

"Kita tahu bahwa psikosis dan episode psikosis pertama, umumnya dipicu oleh tekanan psikososial yang substansial. Saat pandemi Covid-19 sekarang ini, stres yang menyebabkan psikosis ini berkaitan dengan isolasi mandiri di rumah aja," kata Ellie Brown dikutip dari The Sun.

Menurut Ellie Brown, orang dengan psikosis adalah golongan yang paling rentan di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini. Terlebih, banyak kebutuhannya yang terabaikan.

Dilansir dari Medical News Today, psikosis adalah sitilah umum pada individu yang memiliki pengalaman indrawi tentang hal yang tidak ada atau keyakinan tanpa dasar kenyataan.

Ilustrasi kesehatan mental. (Unsplash/Nik Shuliahin)
Ilustrasi kesehatan mental. (Unsplash/Nik Shuliahin)

Selama episode psikotik, seseorang bisa mengalami halusinasi dan delusi. Mereka mungkin melihat dan mendengar hal-hal yang tidak ada atau tidak nyata.

Kondisi inilah yang dimaksud ahli kesehatan bahwa masa pengunciaan diri akibat corona Covid-19 membuat sejumlah orang lebih sering mendengar sesuatu yang tidak nyata.

Psikosis bisa membahayakan seseorang, karena gejalanya bisa menyebabkan mereka menyerang dan melukai diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Secara klasik psikosis dikaitkan dengan gangguan spektrum skizofrenia. Tetapi, ada gejala lain seseorang mengalami psikosis, antara lain:

1. Halusinasi, seseorang mendengar, melihat atau merasakan sesuatu yang tidak nyata.
2. Delusi, seseorang memiliki kepercayaan yang salah, terutama didasarkan pada ketakutan atau kecurigaan tidak nyata.
3. Disorganisasi, kondisi yang terjadi dalam pikiran, ucapan atau perilaku.
4. Gangguan berpikir, seseorang memikirkan banyak topik yang tidak terkait.
5. Catatonia, seseorang tidak responsif.
6. Kesulitan berkonsentrasi.

Adapula gejala awal psikosis yang lebih ringan, meliputi perasaan curiga, kecemasan umum, persepsi terdistorsi, depresi, pemikiran obsesif hingga gangguan tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini