Info

Biar Badan Tidak Lebar saat Lebaran, Ikuti 5 Trik Mengontrol Makan Ini

Orang sering kalap dan banyak makan saat lebaran. Begini mengatasinya!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi makanan bersantan. (Pixabay/Polymanu)
Ilustrasi makanan bersantan. (Pixabay/Polymanu)

Himedik.com - Pada Hari Raya Idul Fitri, umumnya segala macam hidangan akan tersedia. Maka tak mengherankan jika orang sering kalap dan banyak makan saat lebaran.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut beberapa tips untuk mengontrol makan agar dapat menahan diri agar tidak makan terlalu banyak saat Lebaran.

1. Makan Perlahan

Mengunyah makanan dengan pelan dan lembut bisa memperlambat keinginan Anda untuk kembali makan. Selain itu, perut sebenarnya membutuhkan waktu 20 menit untuk memberi tanda sudah penuh atau belum pada otak.

Apabila Anda mengisi terus menerus tanpa jeda, perut akan semakin menunda untuk memberi sinyal kenyang pada otak.

2. Lakukan Aktivitas

Untuk mengontrol makan saat lebaran, apalagi harus berada dirumah maka cobalah lakukan aktivitas lain. Coba lakukan silaturahmi virtual dengan teman-teman atau bersih-bersih rumah.

Usahakan juga untuk menjauh sejenak dari ruang makan atau menjauh dari camilan kue khas lebaran.

3. Atur Porsi Makan

Atur porsi makan Anda dengan cara memilih piring yang lebih kecil dari biasanya. Dengan begitu, piring Anda akan menampung lebih sedikit makanan.

Ilustrasi porsi makan. (Shutterstock)
Ilustrasi porsi makan. (Shutterstock)

4. Jadwal Makan

Sesuaikan jadwal makan Anda seperti sebelum berpuasa, coba untuk makan pagi, siang, dan malam. Membiasakan jadwal makan akan membantu Anda mengendalikan nafsu makan dan membiasakan lambung Anda.

5. Tidur Cukup

Sebuah studi menunjukkan, bahwa kurang tidur terkait dengan peningkatan stres dan makan pada perempuan.

Orang yang tidur sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam makan dengan porsi normal dibandingkan dengan orang yang kurang tidur.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu membuat catatan kapan Anda makan dengan porsi yang banyak. Cari tahu juga jenis makanan yang paling memicu nafsu makan Anda.

Metode ini dilakukan untuk mengetahui makanan yang memicu Anda makan berlebih saat lebaran agar dapat mengatasinya di kemudian hari.

Berita Terkait

Berita Terkini