Info

Bisa Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Labu Siam yang Perlu Anda Tahu

Selain cocok diolah menjadi sayur, labu siam ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Buah labu. (pixabay)
Buah labu. (pixabay)

Himedik.com -  Labu siam disebut bisa menurunkan kadar kolesterol, baik untuk diet, dan dapat dimakan semua umur. 

Melansir dari Alodokter, labu siam merupakan sayuran hijau famili Cucurbitaceae, sekeluarga dengan mentimun dan melon. Umunya labu siam mengandung air, serat, karbohidrat kompleks, folat, vitamin B, C, E, dan K.

Tak hanya itu, labu siam juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Dengan kandungan yang beragam, berikut beberapa manfaat labu siam untuk tubuh.

1. Aman untuk Lambung

Bagi penderita asam lambung, labu siam menjadi sayuran yang cokok untuk Anda. Sebab labu siam tidak menimbulkan gas saat dicerna. Sayuran yang satu ini juga membantu meringankan kerja saluran pencernaan serta meringkankan gejala pada radang dan iritasi saluran pencernaan.

2. Rendah purin

Labu siam mengandung senyawa purin rendah, jika dipecah senyawa akan menjadi kristal asam urat dan menumpuk pada sendi, ginjal, atau saluran kencing.

3. Membantu diet rendah kalori

Labu siam adalah makanan rendah kalori, sehingga baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Tetapi selain makan makanan berkalori rendah seperti labu siam, Anda juga perlu berolahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari.

Kadar Kolesterol. (Shutterstock)
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

4. Membantu menurunkan kolesterol

Makanan khas lebaran seperti opor, rendang, hingga kari mengandung lamak dan kalori tinggi. Untuk menyeimbangkannya dengan menurumkan kolesterol, maka Anda perlu makan buah dan sayur, seperti labu siam.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda disarankan memasaknya dengan cara direbus atau dikukus.

Kandungan lemak sangat rendah labu siam juga dapat mencegah penumpukan kolesterol.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Menurut penelitian, berbagai zat yang terkandung dalam labu siam diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khusunya kanker serviks dan leukimia.

Berita Terkait

Berita Terkini