Info

Hati-hati, Mata Berair Bisa Jadi Tanda Lain Virus Corona Covid-19

Ilmuwan menemukan bahwa mata berair berlebihan bisa jadi tanda infeksi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi air mata. (Shutterstock)
Ilustrasi air mata. (Shutterstock)

Himedik.com - Gejala umum virus corona Covid-19 antara lain adalah batuk persisten dan demam tinggi. Wabah virus mematikan ini pun sudah menginfeksi lebih dari 5 juta orang di dunia.

Tetapi dilansir dari Express, sebuah penelitian mengklaim seseorang berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 bila mengeluarkan air mata lebih banyak dari biasanya.

Sebelumnya, ahli kesehatan telah menyarankan semua orang yang mengalami gejala mirip virus corona Covid-19 harus mengisolasi mandiri di rumah. Langkah ini guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19 meluas.

Begitu pula dengan orang-orang yang mengalami gejala lain dari virus corona Covid-19, seperti hilangnya penciuman, pendengaran dan lain sebagainya.

Kini, para ilmuwan pun mengklaim sejumlah pasien virus corona Covid-19 mungkin juga mengalami epifora atau mata berair berlebihan. Ilmuwan China menemukan gejala ini pada pasien corona Covid-19 pada Febuari 2020 lalu.

Ilustrasi mata. (Pixabay)
Ilustrasi mata. (Pixabay)

Mereka telah menganalisis 12 pasien corona Covid-19, yang 7 di antaranya mengembangkan lebih banyak air mata dari biasanya.

Epifora bisa menyebabkan aliran air mata yang berlebihan dan konstan. Jumlah air mata akibat kondisi ini pun bisa jauh lebih banyak dari normalnya.

Namun, kondisi ini bisa memengaruhi orang secara berbeda dan beberapa orang mungkin memiliki kondisi mata yang sedikit berair. Lalu beberapa lainnya akan mengalami aliran air mara konstan dan banyak.

Selain mata berair, epifora juga menyebabkan mata merah, pegal, penglihatan kabur dan rasa sakit tajam di mata. Tapi, mata berair juga bukan berarti Anda sudah pasti terinfeksi virus corona Covid-19.

Bila Anda mengalami gejala virus corona Covid-19 yang lebih umum, mata berair mungkin menandakan adanya virus, Bila tidak, kondisi ini mungkin disebabkan oleh infeksi biasa atau lainnya.

Banyak pasein virus corona Covid-19 yang juga mengalami gejala tak umum, seperti masalah pencernaan, diare, sakit kepala hingga ruam merah.

Jika Anda mengalami mata berair berlebihan disertai gejala lainnya, segera hubungi dokter atau kunjungi layanan medis terdekat.

Berita Terkait

Berita Terkini

info

Apa yang Terjadi pada Otak saat Putus Cinta?

Jika Anda merasa sakit fisik atau mengalami "sakit hati" setelah putus cinta, bisa jadi karena otak bereaksi terhadap situasi dengan cara yang sama ketika Anda terluka secara fisik.