Info

Suka Menutup Hidung dan Mulut saat Bersin? Dokter Peringatkan Bahayanya!

Kebiasaan menutup hidung dan mulut saat bersin ternyata bisa berdampak buruk pada otak.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bersin. (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi bersin. (Pixabay/Mojpe)

Himedik.com - Selama ini banyak orang selalu menutup hidung dan mulut saat bersin agar tidak mengontaminasi orang lain. Tapi, menutupnya terlalu rapat bisa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Tapi dilansir oleh Asia One, menutup hidung dan mulut ketika bersin bukan langkah yang baik. Cara ini justru menempatkan Anda pada risiko kesehatan yang lebih buruk.

Dr Manoon Leechawengwongs, spesialis penyakit pernapasan melalui Facebook, mengatakan menutup hidung dan mulut saat bersin bisa membuat kantong udara pada otak.

Dokter spesialis penyakit pernapasan yang bekerja di Rumah Sakit Vichaiyut ini lantas mencontohkan kasus serupa yang terjadi pada pasiennya melalui postingan Facebook 21 Mei 2020.

Manoon Leechawengwongs mengunggah kondisi seorang wanita usia 85 tahun yang mencari pengobatan pada tahun 2016, karena tidak bisa berbicara.

Kantong udara di otak (Facebook/  FC)
Kantong udara di otak (Facebook/ FC)

Selain tidak bisa bicara, wanita itu juga mengeluhkan tinnitus, yaitu kondisi yang membuat seseorang merasa telinganya terus berdenging.

Hasil magnetic resonance imaging (MRI) wanita itu menunjukkan bahwa ia telah mengembangkan kantong udara di otak kirinya.

Akibatnya, wanita lanjut usia itu harus menjalani perawatan di rumah sakit sampai pulih yang menghabiskan waktu 50 hari.

Namun, pasien lansia itu kembali lagi ke rumah sakit tahun 2020 ini, setelah 50 hari menjalani perawatan medis dan dinyatakan sembuh pada 2016 silam.

Kali ini, ia mengeluhkan tidak bisa berbicara dengan jelas, sisi kanan wajahnya seperti membeku dan ia kembali mengalami tinnitus.

Hasil MRI kedua kalinya pun menunjukkan bahwa ia telah mengembangkan kantong udara di otaknya meskipun berukuran kecil. Akhirnya, ia menjalani perawatan medis dan dinyatakan pulih setelah 4 hari.

Berdasarkan pengamatan kasus ini, dokter menyimpulkan bahwa menutup hidung dan mulut saat bersin bisa menyebabkan udara mengalir ke otak dan membuat kantong udara.

Karena itu, ada baiknya jangan terlalu rapat menutup hidung dan mulut saat bersin agar tidak mengembangkan kantong udara seperti wanita tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini