Info

Ingat Hal Ini Jika Perlu ke Rumah Sakit saat Pandemi Covid-19

Sebaiknya patuhi hal-hal ini untuk menghindari terkena Covid-19 di rumah sakit.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

Himedik.com - Baru-baru ini, banyak fasilitas medis dan rumah sakit mulai menyambut pasien non-covid lainnya. Para dokter pun juga membuka kembali klinik mereka. Sementara rumah sakit secara bertahap beroperasi normal kembali, kasus infeksi Covid-19 belum melandai juga di Indonesia.

Hal ini membuat banyak orang belum merasa aman pergi ke luar rumah. Namun jika Anda berencana untuk pergi ke rumah sakit, sebaiknya patuhi hal-hal ini untuk menghindari terkena Covid-19. Berikut dirangkum dari Times of India.

1. Beberapa rumah sakit secara eksklusif menangani kasus virus corona. Identifikasi terlebih dahulu apakah itu rumah sakit Covid-19 atau non-Covid-19.

2. Sebelum pergi ke rumah sakit atau fasilitas medis apa pun, konsultasikan secara online atau melalui telepon terlebih dahulu dan konfirmasikan janji temu Anda untuk menghindari segala jenis keterlambatan.

3. Praktekkan kebersihan yang baik, memperhatikan protokol dan menjaga jarak sosial. Ini adalah kunci untuk mengunjungi setiap tempat, termasuk rumah sakit.

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

4. Mengenakan masker adalah hal wajib

5. Cuci tangan Anda sesering mungkin, desinfektan dan gunakan pembersih kapan pun memungkinkan.

6. Hindari menyentuh utilitas dan permukaan bersama. Jangan berkerumun.

7. Membawa semua dokumen dan laporan yang diperlukan untuk menghindari membuang-buang waktu. Jangan memadati dokter dengan pertanyaan yang tidak perlu.

8. Beri tahu tenaga medis semua informasi-riwayat perjalanan Anda, risiko infeksi atau masalah lainnya.

9. Setelah pulang dari rumah sakit, ingat untuk membersihkan diri lagi. Lepaskan sepatu Anda, disinfektan dan bersihkan permukaan atau benda apa pun yang mungkin Anda sentuh. Jika Anda menggunakan masker kain, langsung buang dan jangan menyentuh permukaan luar saat melepasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini