Info

Benarkah Virus Corona Covid-19 Sebabkan Mata Gatal? Ini Kata Dokter!

Ahli jelaskan gejala virus corona Covid-19 yang disebut bisa menyebabkan mata merah dan gatal.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mata gatal. (Shutterstock)
Ilustrasi mata gatal. (Shutterstock)

Himedik.com - Demam tinggi, batuk persisten dan hilangnya indra penciuman adalah gejala umum virus corona Covid-19. Tapi, banyak pula orang yang mengalami gejala aneh lainnya dari virus corona Covid-19.

Sebelumnya, Piers Morgan, Presenter ITV Good Morning Britain (GMB) mengira dirinya terinfeksi virus corona Covid-19 karena mengalami demam parah.

Piers Morgan mengatakan menurunnya tingkat polusi selama masa isolasi mandiri membuat lebih banyak serbuk sari. Piers yang memiliki alergi serbuk sari pun mengalami demam parah hingga mengira dirinya terinfeksi Covid-19.

Dr Hilary juga mengatakan pandemi virus corona Covid-19 telah membuat jumlah serbuk sari jauh lebih tinggi dari hari biasanya.

"Jadi ada banyak penyebab demam yang berkaitan dengan cuaca panas dan polusi. Karena itu, banyak orang yang menderita demam biasa, kondisinya terasa lebih parah daripada tahun sebelumnya," jelas Dr Hilary dikutip dari Express.

Karena itu, semua orang perlu mengetahui perbedaan demam parah akibat infeksi virus corona Covid-19 dan demam biasa.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Dr Hilary menjelaskan salah satu dampak dari demam biasa adalah mata merah dan gatal. Karena, jarang sekali orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 mengalami demam dan mata gatal.

Tetapi, Susanna Reid, presenter GMB pernah mengatakan kalau konjungtivitis termasuk gejala virus corona Covid-19.

Sementara, Dr Hilary mengatakan kongjungtiviti bukan gejala virus corona Covid-19 yang umum. Bahkan kondisi ini hanya memengaruhi 2 persen pasien virus corona Covid-19.

"Orang dengan virus corona Covid-19 biasanya mengalami demam dari ringan hingga parah. Hal ini tidak terjadi pada orang dengan demam biasa," kata Dr Hilary.

Adapun gejala demam biasa akibat serbuk sari yang sering dikira infeksi virus corona Covid-19, antara lain:

1. Bersin dan batuk
2. Hidung tersumbat
3. Mata gatal, merah dan berair
4. Tenggorokan, mulut, hidung dan telinga gatal
5. Kehilangan bau
6. Nyeri di sekitar pelipis dan dahi
7. Sakit kepala dan telinga

Jika Anda ragu dengan gejala yang dialami termasuk demam biasa atau infeksi virus corona Covid-19. Anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini