Info

Warna Urine Bisa Deteksi Infeksi Virus Corona Covid-19, Ini Penjelasannya!

Seseorang bisa mendeteksi dirinya terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak dengan memperhatikan warna urine.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi buang air kecil (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi buang air kecil (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Umumnya, gejala virus corona Covid-19 meliputi batuk persisten, demam tinggi hingga sesak napas. Tapi, banyak pula gejala misterius lainnya yang bisa jadi tanda infeksi virus corona.

Anda bisa mendeteksi diri sendiri rentan terinfeksi virus corona Covid-19 dengan melihat warna urine. Urine yang berwarna kuning atau gelap bisa jadi tanda virus corona Covid-19, karena infeksi virus menyebabkan dehidrasi.

Seorang dokter juga sudah memperingatkan urine yang berbau menyengat dan lebih sedikit juga mungkin pertanda virus corona Covid-19.

Sedangkan dehidrasi yang menyebabkan perubahan warna urine membutuhkan perawatan medis segera. Terlebih, bila perubahan warna urine disebabkan oleh virus corona Covid-19.

Ilustrasi urine (Pixabay/Frolecsomepl)
Ilustrasi urine (Pixabay/Frolecsomepl)

Maka pasien harus menjalani pengobatan untuk mencegah gejala virus corona Covid-19 semakin parah. Anda juga perlu membicarakannya pada dokter bila dehidrasi tidak teratasi setelah perawatan medis.

"Sebagian besar pasien memiliki gejala ringan dan tidak memerlukan rawat inap. Tapi Anda tetap harus tinggal di rumah, istirahat dan menghindari kontak fisik dengan orang lain," kata ahli dikutip dari Express.

Tujuannya, mereka tidak menyebarkan virus corona semakin meluas. Anda juga perlu minum lebih banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan minum obat penghilang rasa sakit.

"Terkadang pasien virus corona dengan riwayat masalah kesehatan mengalami gejala sedang yang memerlukan perawatan pendukung, seperti cairan untuk menghidrasi," jelasnya.

Meski begitu, dehidrasi tidak selalu menandakan infeksi virus corona Covid-19. Kondisi ini bisa terjadi karena seseorang kurang cairan tubuh dan lainnya.

Anda bisa mengetahui tubuh mengalami dehidrasi jika merasa haus, pusing dan sangat lelah. Dehidrasi bisa disebabkan oleh infeksi virus corona, bila Anda mengalami gejala tambahan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini