Info

Pemimpin Dunia Harus Punya Kemampuan Kecerdasan Emosional, Anda Termasuk?

Kecerdasan emosional sangat penting agar berhasil dalam dunia kerja.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi suasana kerja. (pixabay)
Ilustrasi suasana kerja. (pixabay)

Himedik.com - Hal-hal seperti pengetahuan, pengalaman, dan visi, memang diperlukan dalam pekerjaan. Tapi, perbedaan besar yang hanya dimiliki para pemimpin, yaitu kecerdasan emosional. Ini adalah kemampuan mengidentifikasi dan memonitor emosi, baik dalam diri maupun orang lain.

Banyak perusahaan semakin melihat melalui kecerdasan emosional ketika merekrut, mempromosikan dan mengembangkan karyawan mereka.

Studi bertahun-tahun menunjukkan, semakin banyak kecerdasan emosi seseorang, semakin baik kinerjanya. Namun, penguasaan kecerdasan emosional tidak datang secara alami.

Seorang psikolog dan penulis Emotional Intelligence dan Social Intelligence, Daniel Goleman, menemukan kecerdasan emosional terdiri dari empat domain, yang juga terbagi menjadi 12 kompetensi inti.

Dilansir CNBC, Goleman telah menghabiskan 25 tahun untuk menulis buku dan membina penelitian tentang topik ini.

Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Icon8 Team)
Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Icon8 Team)

1. Kesadaran diri

Kesadaran diri adalah kemampuan untuk menyesuaikan emosi Anda sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang dirasakan dan mengapa, serta bagaimana perasaan itu membantu atau melukai apa yang Anda coba lakukan.

- Kompetisi inti kesadaran diri

Kesadaran diri emosional: Anda memahami kekuatan dan keterbatasan diri, memungkinkan Anda bekerja dengan kompetensi diri dan tahu kapan harus mengandalkan orang lain dalam tim.

Berita Terkait

Berita Terkini