Info

Mudah Dicari, Ini 5 Bahan Alami untuk Obat Sakit perut

Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, salah satunya cukup minum air putih.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi sakit perut (shutterstock)

Himedik.com - Sakit perut atau gangguan pencernaan adalah hal yang umum terjadi pada semua orang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh makanan, minuman dan lainnya.

Meskipun sakit perut bukan termasuk kondisi medis serius, tapi kondisi ini tentu mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari.

Karena itu, biasanya seseorang akan segera mencari obat sakit perut untuk meredakannya. Dilansir dari Medical News Today, sakit perut juga bisa diatasi dengan obat-obatan rumahan.

1. Air minum

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan serta minuman secara efisien. Dehidrasi bisa membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Secara umum, Divisi Kesehatan dan Kedokteran (HMD) merekomendasikan perempuan harus minum sekitar 2,7 liter sehari dan pria harus minum 3,7 liter sehari.

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

2. Jahe

Jahe adalah obat alami untuk sakit perut dan gangguan pencernaan. Jahe mengandung bahan kimia gingerol dan shogaol yang bisa membantu mempercepat kontraksi perut.

Kandungan dalam jahe itu bisa membantu memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat. Zat kimia dalam jahe juga bisa mengurangi mual, muntah dan diare.

3. Daun mint

Kandungan mentol dalam daun mint juga membantu mencegah muntah, diare, mengurangi kejang otot di usus dan menghilangkan rasa sakit.

Para peneliti telah menemukan bahwa mint adalah pengobatan tradisional untuk gangguan pencernaan, gas dan diare di Iran, Pakistan serta India.

daun mint (shutterstock)
daun mint (shutterstock)

4. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat yang bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meningkatkan sekresi lambung. Cengkeh juga bisa membantu mengurangi mual dan muntah.

Seseorang yang sakit perut bisa mencoba mencampurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk atau cengkeh bubuk dengan 1 sendok teh sekali sehari sebelum tidur.

5. Kayu manis

Kayu manis mengandung beberapa antioksidan yang bisa membantu meringankan pencernaan, mengurangi risiko iritasi dan kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa antioksidan dalam kayu manis termasuk eugenol, cinnamaldehyde, linalool dan kamper.

Zat lain dalam kayu manis bisa membantu mengurangi gas, kembung, kram dan sendawa. Semua kandungan itu juga bisa membantu menetralkan keasaman lambung untuk mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

Berita Terkait

Berita Terkini