Info

Baru, Kaki dan Tangan Kesemutan Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19!

Virus corona Covid-19 bisa memengaruhi fungsi neurologis seseorang, yang gejalanya bisa berupa kaki dan tangan kesemutan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tangan kesemutan atau mati rasa (Unplash/Milada Vigerova)
Ilustrasi tangan kesemutan atau mati rasa (Unplash/Milada Vigerova)

Himedik.com - Semua orang tetap disarankan menjaga jarak sosial dan selalu memakai masker, meskipun beberapa negara telah menerapkan aturan new normal saat pandemi virus corona Covid-19 belum usai.

Karena, banyak pula orang terinfeksi virus corona Covid-19 tanpa gejala, tapi tetap bisa menularkan penyakitnya ke orang lain.

Adapun gejala umum virus corona Covid-19 adalah batuk persisten dan demam tinggi. Tapi, banyak orang mengalami gejala virus corona Covid-19 yang berbeda.

Contohnya, beberapa pasien virus corona Covid-19 mengalami gejala-gejala yang memengaruhi fungsi otak.

Menurut Havard Health, satu gejala neurologis spesifik adalah kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki.

Ilustrasi tangan kesemutan atau mati rasa. (Unsplash)
Ilustrasi tangan kesemutan atau mati rasa. (Unsplash)

Sedangkan, para peneliti di JAMA Neurology, mengatakan kebingungan dan delirium juga termasuk infeksi virus corona Covid-19 ketika memengaruhi fungsi neurologis.

Menurut NHS, saat seseorang mengenali atau mengalami salah satu gejala virus corona Covid-19, ada baiknya utnuk mengisolasi diri.

Artinya, seseorang dilarang berpergian dan mengunci diri dari orang lain untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Begitu pula dengan orang yang tinggal satu atap dengan Anda, maka perlu mengisolasi diri.

"Siapa pun yang tinggal bersama Anda dan siapa pun yang ada dalam gelembung pendukung juga harus menjalani tes bila mengalami gejala virus corona," kata NHS dikutip dari Express.

Anda perlu menghubungi tim medis darurat bila gejala virus corona Covid-19 terus memburuk. Karena, kriteria yang menunjukkan gejala memburuk, yakni Anda merasa semakin terengah-engah, gejala semakin bertambah dan tidak bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Jangan lupa untuk mengatakan semua gejala yang dialami ketika ditanya oleh ahli medis. Pastikan pula gejala yang dialami semakin parah seiring berjalannya waktu.

Namun, Anda juga tidak perlu ke rumah sakit bila gejala virus corona Covid-19 ringan dan bisa diatasi sendiri dengan perawatan rumahan atau mengisolasi mandiri.

Berita Terkait

Berita Terkini