Info

Bersepeda saat Pandemi Virus Corona Covid-19, Ikuti 6 Langkah Aman Ini

Banyak orang memilih olahraga bersepeda ketika pembatasan sosial mulai dilonggarkan, meskipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bersepeda (Unplash/Travis Yewell)
Ilustrasi bersepeda (Unplash/Travis Yewell)

Himedik.com - Banyak orang melakukan olahraga bersepeda ketika masa pembatasan sosial mulai dilonggarkan. Di sisi lain, sepeda dianggap sebagai transportasi yang efektif dalam menjaga jarak sosial di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang belum usai.

Meski begitu, seseorang masih perlu melakukan langkah-langkah keamanan agar tidak tertular virus corona ketika bersepeda.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika bersepeda.

1. Menghindari naik sepeda berkelompok

Anda disarankan tidak naik sepeda berkelompok untuk menjaga jarak sosial meski aturan pembatasan sosial telah dilonggarkan. Tetapi, jarak sosial masih perlu diterapkan selama pandemi virus corona belum usai.

Ilustrasi sepeda lipat. [Shutterstock]
Ilustrasi sepeda lipat. [Shutterstock]

2. Pastikan selalu memakai helm, masker dan sarung tangan ketika bersepeda

Pemakaian masker dan sarung tangan bisa membantu Anda menghindari menyentuh wajah ketika bersepeda. Karena, kebiasaan itu bisa meningkatkan risiko penularan virus corona.

3. Bawalah botol air

Anda perlu membawa botol air minum sendiri yang disimpan di dalam ransel ketika bersepeda. Supaya Anda tidak perlu mengonsumsi minuman dari luar dan bisa berhenti di tempat sepi ketika ingin minum atau beristirahat.

4. Jangan terlalu banyak mengerahkan tenaga

Anda perlu menjaga energi tubuh dan tetap terhidrasi selama bersepeda. Karena, pemakaian masker saat bersepeda mungkin bisa menyebabkan kesulitan bernapas. Jadi, menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Sepeda Lipat. (Shutterstock)
Sepeda Lipat. (Shutterstock)

5. Bersihkan semua permukaan sepeda yang sering disentuh

Setelah bersepeda, Anda perlu membersihkan semua permukaan seperti setang, pelanan dan pedal. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer selama bersepeda agar bisa membersihkan tangan ketika menyentuh fasilitas umum dan lainnya.

6. Bersihkan sepeda dan segala peralatan bersepeda

Setelah kembali pulang dari bersepeda, Anda harus segera membersihkan sepatu secara menyeluruh dan menjemurnya di bawah sinar matahari sampai kering. Anda juga perlu mencuci pakaian yang dipakai dan segera mandi setelah bersepeda.

Berita Terkait

Berita Terkini