Info

Jamur Enoki Disebut Penyebab Wabah Listeria, Apa dan Bagaimana Gejalanya?

Pada perempuan hamil, Listeria bisa menampakkan gejala demam dan gejala mirip flu lainnya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi jamur enoki. (Shutterstock)
Ilustrasi jamur enoki. (Shutterstock)

Himedik.com - Kementerian Pertanian melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan baru saja melakukan penarikan dan memusnahkan jamur enoki yang beredar di Indonesia. Hal ini terkait dengan jamur enoki yang menyebabkan wabah Listeria di beberapa negara.

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," ujar Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Yasid Taufik MM dalam seminar webinar, Rabu (24/6/2020), dilansir dari Suara.com.

Listeria sendiri adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dan membuat makanan menjadi beracun. Ini dipicu oleh bakteri Listeria yang dapat hidup di tanah, air, debu, kotoran hewan dan zat lainnya. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, Listeria paling berisiko terhadap ibu hamil dan bayi mereka, orang dewasa berusia 65 atau lebih dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Sedangkan orang sehat dapat terinfeksi Listeria, tetapi jarang mengembangkan sakit parah.

Infografis jamur enoki terkait Listeria. (Suara.com/Ema Rohima)
Infografis jamur enoki terkait Listeria. (Suara.com/Ema Rohima)

Dilansir dari CDC, Listeria sendiri bisa menyebabkan gejala yang berbeda, tergantung pada orang yang terpapar.

Pada perempuan hamil, Listeria bisa menampakkan gejala demam dan gejala mirip flu lainnya, seperti kelelahan dan nyeri otot. Namun, infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, kelahiran prematur atau infeksi yang mengancam jiwa pada bayi baru lahir.

Sementara gejala Listeria pada orang yang tidak sedang hamil bisa berupa sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, kejang-kejang, demam, dan nyeri otot.

Gejala Listeria biasanya mulai 1 hingga 4 minggu setelah makan makanan yang terkontaminasi dengan Listeria. Beberapa orang telah melaporkan gejala mulai paling lambat 70 hari setelah paparan atau bisa saja di hari yang sama dengan paparan.

Dilaporkan Listeria adalah penyebab utama kematian ketiga dari penyakit bawaan makanan atau keracunan makanan di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.600 orang sakit dan sekitar 260 orang meninggal karena Listeria setiap tahunnya.

Berita Terkait

Berita Terkini