Info

Pandemi Covid-19, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Keluar Rumah

5 kesalahan ini dapat melipatgandakan risiko Anda tertular Covid-19.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pasien Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Meski kini sudah diperbolehkan beraktivitas di luar rumah dengan mematuhi protokol kesehatan, perlu diingat bahwa Covid-19 belum musnah sepenuhnya. Sehingga perlu kehati-hatian ekstra saat melangkahkan kaki keluar rumah.

Dilansir dari Times of India, ada 5 kesalahan yang dapat melipatgandakan risiko Anda tertular Covid-19. Jadi pada saat Anda melangkah keluar rumah, pastikan untuk memeriksa beberapa hal ini:

1. Keluar tanpa masker, pembersih tangan maupun tisu
Tidak peduli jauh dekat atau seberapa lama Anda ke tempat kerja, penting untuk mengenakan masker wajah setiap kali Anda melangkah kaki di luar pintu. Ingat, orang yang kita temui bisa saja Orang Tanpa Gejala (OTG).

2. Menganggap virus corona Covid-19 sudah hilang atau tidak bahaya
Penting untuk dipahami bahwa meskipun pembatasan penguncian dicabut, itu tidak berarti bahwa virus tidak lagi menjadi ancaman. Oleh karena itu, penting untuk mempraktikkan semua tindakan menjaga jarak sosial dan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan setiap kali Anda keluar dari rumah.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)

3. Shopping saat mal buka kembali
Jalan-jalan ke mal dan belanja memang sangat menggoda, namun disarankan untuk berlatih menahan diri. Selama pandemi, prioritas pertama Anda haruslah aman secara finansial sehingga Anda dapat mengurus semua biaya medis.

4. Tidak berhati-hati saat menyentuh benda di ruang publik
Sekarang adalah waktunya untuk menjadi lebih berhati-hati tentang apa yang kita sentuh di luar ruangan maupun ruang publik. Karena semakin banyak orang yang kembali ke pekerjaan mereka, sekarang bukan saatnya untuk memiliki sikap masa bodoh ketika harus menyentuh permukaan benda.

Hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi ke hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)

5. Berhenti update berita soal Covid-19
Memang mengikuti berita tentang meningkatnya jumlah kasus virus corona Covid-19 serta angka kematian sangatlah mengganggu dan membuat gelisah. Namun, bukan berarti Anda harus berhenti mengakses berita terbaru soal Covid-19. Jadi, alih-alih mengakses berita 24/7, buatlah waktu luang setiap hari untuk mengetahui tentang berita Covid-19 terbaru, terutama di masa new normal saat ini.

Berita Terkait

Berita Terkini