Info

Serumah dengan Orang Tua saat Pandemi Covid-19? Terapkan Langkah Berikut!

Covid-19 bisa lebih parah pada orang tua yang berusia lebih dari 60 tahun atau dengan kondisi medis yang menyertai.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi cucu dan nenek. (Pixabay)
Ilustrasi cucu dan nenek. (Pixabay)

Himedik.com - Orang tua menghadapi sebagian besar ancaman terkait pandemi Covid-19. Meski semua kelompok umur tetap berisiko tertular Covid-19, namun orang yang lebih tua dapat memiliki kondisi lebih parah jika terinfeks, bahkan mengancam jiwa.

Covid-19 bisa lebih parah pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun atau dengan kondisi medis seperti paru-paru, penyakit jantung, diabetes atau kondisi yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka.

Jika Anda tinggal serumah dengan orang tua saat pandemi Covid-19 atau anggota keluarga dengan kondisi medis, ambil langkah-langkah berikut untuk melindungi mereka dari kemungkinan infeksi, dilansir dari Public Health Insider.

1. Jika Anda pergi ke luar rumah
Jika Anda harus meninggalkan rumah untuk pergi bekerja atau membeli kebutuhan, lakukan langkah-langkah ini demi mencegah membawa virus ke rumah:

  • Kenakan masker kain yang menutupi mulut dan hidung Anda.
  • Tetap setidaknya 6 kaki dari orang lain.
  • Bawalah pembersih tangan atau tisu desinfektan agar Anda dapat mendisinfeksi permukaan sebelum menyentuhnya atau membersihkan tangan jika Anda tidak memiliki akses ke air yang mengalir.
  • Bepergian sendiri, jika mungkin. Cobalah untuk tidak membawa anak-anak bersamamu. Mereka lebih cenderung menyentuh benda-benda di depan umum dan dapat membawa kuman-kuman itu kembali ke rumah Anda.
    Ilustrasi nenek. (Unsplash/Nick K)
    Ilustrasi nenek. (Unsplash/Nick K)

2. Jika pergi bekerja setiap hari
Sebelum berangkat kerja, cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Saat pulang kerja, ganti pakaian dan sepatu Anda lalu cuci tangan, terutama jika Anda pernah berinteraksi dengan orang lain. Anak-anak yang pergi ke penitipan anak harus mengambil langkah yang sama.

3. Di dalam rumah
Anda mungkin tidak mengetahui jika sudah terpapar Covid-19. Jadi, meski di dalam rumah, penting untuk menjaga jarak fisik sebaik mungkin. Jika memungkinkan, habiskan waktu di kamar terpisah dari anggota keluarga yang rentan.

Jika Anda tidak dapat berpisah, cobalah untuk tinggal sejauh 6 kaki dari anggota keluarga yang rentan ketika berada di ruangan yang sama. Memang sulit, namun yang terpenting sekarang adalah menghindari kontak dekat dengan anggota keluarga yang rentan dahulu.

Berita Terkait

Berita Terkini