Info

Beberapa Kondisi Ini Sebabkan Kaki Bengkak, Salah Satunya Gagal Jantung

Terkadang kaki bengkak dapat menandakan suatu kondisi tertentu.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi kaki bengkak. (pixabay/andreas160578)
Ilustrasi kaki bengkak. (pixabay/andreas160578)

Himedik.com - Kaki bengkak merupakan masalah kaki yang cukup umum terjadi, terutama ketika Anda terlalu lama berdiri atau setelah berjalan-jalan. Tapi, pembengkakan (yang juga disebut edema) juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu yang serius.

"Pendekatan saya adalah untuk mempertimbangkan potensi masalah di setiap sistem tubuh, seperti jantung dan pembuluh darah, tulang dan kulit," jelas Dr. James Ioli, kepala layanan podiatri di Rumah Sakit Brigham and Women's yang berafiliasi dengan Harvard Medical School.

Masalah Pembuluh Darah

Ketika Anda sering berdiri, gravitasi menarik darah ke pembuluh darah kaki dan sebagian cairan di dalam darah memasuki jaringan kaki, menyebabkannya bengkak.

Tetapi, dilansir Harvard Health Publishing, ada juga beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakan serupa:

Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)
Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)

1. Insufisiensi vena

Katup-katup di vena kaki menjaga darah tidak ditarik ke bawah oleh gravitasi dan menyatu di kaki. Seiring bertambahnya usia, katup itu menua juga, dan mungkin berfungsi kurang efisien. Ini adalah penyebab umum kaki bengkak.

2. Radang urat darah

Peradangan vena yang menyakitkan ini dapat menyebabkan kaki bengkak dan juga nyeri kaki.

3. Trombosis vena dalam

Dalam kondisi ini, gumpalan darah terbentuk di pembuluh darah bagian dalam. Gumpalan menghalangi kembalinya darah dari kaki ke jantung, menyebabkan pembengkakan pada kaki.

Ini bisa menjadi sangat serius jika tidak ditangani segera, sebab gumpalan darah dapat terlepas dan mengalir ke paru-paru, menyebabkan emboli paru.

4. Gagal jantung

Jantung yang gagal yang tidak memompa seefektif seharusnya. Akibatnya, darah di kaki dipompa kembali ke jantung.

Beberapa Kondisi Ini Sebabkan Kaki Bengkak, Salah Satunya Gagal Jantung - 2
Ilustrasi kaki bengkak (Shutterstock)

5. Penyakit hati

Beberapa penyakit hati dapat menyebabkan rendahnya tingkat protein albumin, yang dibuat di hati.

Rendahnya kadar albumin menyebabkan cairan dalam darah masuk ke jaringan, menghasilkan pembengkakan tidak hanya pada tungkai dan kaki tetapi juga bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan wajah.

6. Penyakit ginjal

Cairan dapat menumpuk di jaringan jika suatu penyakit menyulitkan ginjal untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh (salah satu fungsi utama ginjal).

Terkadang, pembengkakan pada kaki adalah petunjuk pertama bahwa Anda memiliki gagal jantung atau penyakit hati atau ginjal. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui diagnosis yang sebenarnya agar mendapat perawatan yang tepat.

Berita Terkait

Berita Terkini