Info

Waduh, Ahli Temukan Pasien Covid-19 Bisa Alami Sesak Napas Berbulan-bulan

Ahli menemukan beberapa pasien Covid-19 bisa mengalami sesak napas selama berbulan-bulan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sesak napas., pasien virus corona Covid-19 (Shutterstock)
Ilustrasi sesak napas., pasien virus corona Covid-19 (Shutterstock)

Himedik.com - Beberapa pasien Covid-19 dijuluki sebagai "long hauler" telah melaporkan perjuangan panjangnya. Dalam kasus ini pun ilmuwan mengingatkan bahwa pasien virus corona bisa mengalami gejala menyakitkan selama berbulan-bulan.

Gejala yang paling umum untuk menggambarkan kondisi "long hauler" ini adalah kelelahan yang melumpuhkan. Tetapi, pasien lain juga mengalami sakit otot dan kesulitan berkonsentrasi.

Kondisi ini diketahui setelah para ahli mengklaim pasien virus corona Covid-19 mungkin akan kehilangan indra penciuman dan perasa secara permanen. Tapi, Matt Hancock, sekretaris kesehatan mengatakan sulit mengetahui skala sesungguhnya masalah ini.

"Ini adalah masalah yang sangat serius bagi sebagian kecil orang yang terinfeksi virus corona Covid-19. Beberapa orang memiliki efek jangka panjang yang terlihat seperti sindrom kelelahan," jelas Matt Hancock dikutip dari The Sun.

Para ilmuwan pun berusaha menyelidiki penyebab potensial masalah ini. Tetapi, kemungkinan ada penyebab khusus yang membuat beberapa orang melalui masa pemulihan sangat lama.

ilustrasi pasien virus corona(Shutterstock)
ilustrasi pasien virus corona (Shutterstock)

Contohnya, Peggy Goroly dari New York yang terus menderita kelelahan dan sesak napas sejak pertama kali didiagnosis positif virus corona Covid-19 pada April 2020.

Peggy melalui 100 hari untuk berjuang sejak pertama kali merasakan gejala virus corona. Kemudian ia dites kembali dengan hasil negatif, tetapi membuatnya jadi kebingungan.

"Aku mencoba menceritakan kondisiku untuk memberi tahu bahwa ini bukan main-main. Aku benar-benar masih sakit, tapi orang tidak bisa mengerti," jelas Peggy.

Pada awal pandemi virus corona, para ahli telah menyarankan semua orang yang mengalami gejala virus corona Covid-19 harus mengarantina diri selama 14 hari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengatakan bahwa pasien virus corona Covid-19 yang parah atau kritis mungkin membutuhkan masa pemulihan 6 minggu. Meskipun beberapa orang mungkin pulih lebih cepat.

Saat ini para ahli medis pun masih berusaha mencari tahu penyebab dan perawatan terbaik untuk pasien yang mengalami sesak napas maupun batuk berkepanjangan.

Berita Terkait

Berita Terkini