Info

Hobi Makan Mie Instan Pakai Nasi? Awas Ancaman Risiko Kesehatan!

Bikin kenyang sih, tapi makan mie instan pakai nasi ternyata berisiko tinggi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Sajian mi instan. (Unsplash/Piotr Miazga)
Sajian mi instan. (Unsplash/Piotr Miazga)

Himedik.com - Mie instan mayoritas disebut mengandung karbohidrat tinggi, kalori, sodium, protein dan beberapa mikronutrien. Lalu, bagaimana hasilnya jika makan mie instan pakai nasi yang juga memiliki karbohidrat tinggi?

Ada beberapa konsekuensi yang mungkin Anda tanggung saat mengonsumsi dua hal itu secara bebarengan. Dilansir dari Hellosehat, berikut adalah beberapa risiko saat makan mie instan pakai nasi:

Kelebihan karbohidrat

Kombinasi nasi dan mie instan akan menumpuk karbohidrat yang tentu berakibat buruk pada kesehatan Anda. 

Melansir Hellosehat, karbohidrat memiliki sifat mengenyangkan dalam waktu singkat. Hal ini membuat tubuh tidak mampu lagi menerima nutrisi lain yang dibutuhkan. 

Imbasnya, jika Anda hanya memiliki karbohidrat, kebutuhan nutrisi lain seperti protein dan mineral tidak akan masuk. Hal ini bisa bikin malnutrisi atau gizi buruk.  

Ilustrasi mie instan (Pixabay/digitalphotolinds)
Ilustrasi mie instan (Pixabay/digitalphotolinds)

Memicu kerusakan hati

Imbas lainnya dari kelebihan makan karbohidrat adalah masalah kerusakan hati. Kondisi ini bisa terjadi karena karbohidrat berlebih yang Anda makan bisa berubah jadi zat lain. Sebagai contoh, saat Anda kekurangan lemak maka karbohidrat akan berubah jadi lemak.

Kandungan lemak akan melalui pemrosesan yang dipindahkan ke hati sebagai bagian dari sistem pendukung pencernaan. Lemak memang memiliki manfaat untuk tubuh. Namun kalau yang datang lemak jahat dan menumpuk di liver, itu akan jadi pemicu kerusakan fungsi hati. 

Memicu Risiko Diabetes

Kombinasi mie instan dan nasi bisa mencapai 750 kalori yang tentu saja sama sekali tidak sehat. Kombinasi dobel karbohidrat ini saat masuk ke tubuh akan dicerna menjadi gula dan bisa meningkatkan hormon insulin.

Hormon insulin memang menciptakan energi yang dihasilkan oleh gula. Sayangnya kalau terlalu banyak, hormon ini tidak akan diproduksi seluruhnya. Hal inilah yang akan mengubah hormon insulin jadi pemicu diabetes. 

Meningkatkan Tekanan Darah

Sebenarnya makan mie instan tanpa ditemani nasi pun sudah berisiko tingkatkan tekanan darah. Pasalnya, mie instan mengandung sodium tinggi yang berisiko tekankan tekanan darah. Bahayanya, makan makanan ini terlalu sering bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Berita Terkait

Berita Terkini