Info

Cegah Penularan Covid-19, 7 Langkah Pakai Masker yang Benar

Banyak orang masih sering salah pakai masker di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Saat ini banyak orang sudah kembali beraktivitas normal sesuai dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan rutin dan menjaga jarak fisik. Tak hanya orang yang sedang sakit, orang sehat tanpa gejala virus corona Covid-19 pun wajib pakai masker.

Semua orang perlu memakai masker ketika berada di ruang publik, termasuk transportasi umum hingga swalayan.

Bahkan masyarakat umum pun sudah disarankan memakai masker kain, meskipun fungsinya dalam menangkal virus corona tak seefektif masker bedah dan N95.

Sayangnya, banyak orang masih sering salah mengenakan masker yang membuat fungsinya menangkal virus corona Covid-19 mungkin sia-sia.

Karena itu dilansir dari Daily Star, berikut ini 7 aturan yang perlu diikuti dalam memakai masker untuk melindungi diri sendiri.

Ilustrasi Masker. (Pixabay.com/Vesna_Pixi)
Ilustrasi Masker. (Pixabay.com/Vesna_Pixi)

1. Penggunaan masker harus menutupi mulut dan hidung, tapi pastikan Anda masih bisa bernapas dengan nyaman. Anda juga bisa memanfaatkan kain syal sebagai masker.

2. Cuci tangan pakai sabun dan air atau gunakan hand sanitizer sebelum memakai atau melepas masker. Cara itu bisa mencegah kuman atau virus berpindah ke masker.

3. Cobalah tidak menyentuh mata, hidung atau mulut setiap waktu untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

4. Simpan masker yang sudah dipakai ke dalam kantong plastik jika Anda belum sempat mencucinya langsung.

5. Jangan menyentuh bagian depan masker atau bagian dalam yang sudah tersentuh mulut serta hidung. Karena, virus bisa berpindah ke tangan dan menyebar ke orang lain atau permukaan jika Anda lupa mencuci tangan.

6. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dan seluruh bagian masker setelah memakainya.

7. Cucilah masker secara teratur menggunakan deterjen biasa untuk membunuh virus yang menempel sebelum memakainya kembali.

Berita Terkait

Berita Terkini