Info

Bisa Mengancam Jiwa! Waspada 4 Serangga Ini Berbahaya bagi Kesehatan

Biasanya gigitan serangga menghasilkan tidak lebih dari gatal, kemerahan atau rasa sakit ringan. Tapi dalam kasus tertentu, gigitan serangga bisa fatal!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi lebah (Pixabay/maohlin)
Ilustrasi lebah (Pixabay/maohlin)

Himedik.com - Gigitan serangga memang umumnya cuma bikin gatal, tapi dalam kondisi tertentu beberapa serangga bisa berbahaya. Seperti contohnya serangga tertentu yang dapat menularkan penyakit seperti Eastern Equine Ensefalitis (EEE) yang langka namun mengancam jiwa.

"Jika serangga menggigit, biasanya lebih mengganggu daripada yang lain, tetapi kami mulai melihat lebih banyak penyakit terkait dengan gigitan serangga," kata Michael Zimring, MD, direktur Center for Wilderness and Travel Medicine di Mercy Hospital di Baltimore.

Dilansir dari Everyday Health, berikut adalah beberapa serangga yang berisiko mengganggu kesehatan, antara lain:

1. Nyamuk

Nyamuk biasanya berkembang biak di tanah lembap atau tempat-tempat dengan genangan.

"Ini seperti saluran pembuangan, ban bekas, kolam rendam anak-anak, dan tempat berjemur burung," kata Dr. Zimring.

Nyamuk membunuh lebih dari 700 orang di seluruh dunia setiap tahun dengan menyebarkan penyakit seperti demam berdarah, ensefalitis, malaria, virus West Nile, dan Zika. 

Nyamuk-nyamuk juga membawa virus penyebab EEE yang paling sering ditemukan di dan sekitar rawa-rawa kayu keras air tawar. 

Ilustrasi nyamuk. (Pixabay/Skeeze)
Ilustrasi nyamuk. (Pixabay/Skeeze)

2. Kutu

Beberapa kutu hanya mengganggu karena mereka bisa sulit dihilangkan dari kulit begitu menempel. Tetapi kutu berkaki hitam dapat membawa bakteri yang menyebabkan penyakit Lyme. 

"Penyakit Lyme adalah kondisi kesehatan yang serius, tetapi tidak semua kutu menyebarkan bakteri yang menyebabkan Lyme," kata Zimring. 

"Jika Anda digigit oleh kutu yang membawa penyakit Lyme, biasanya perlu waktu 24 hingga 48 jam untuk bertahan, jadi jika Anda mengalami ruam, bilur merah yang terlihat seperti mata banteng segeralah hubungi dokter," tambahnya. 

3. Lebah

Sengatan lebah biasanya tidak berbahaya, meskipun sedikit menyakitkan, dan perawatan di rumah seperti kompres panas atau dingin bisa mengatasinya. Tetapi jika Anda alergi terhadap sengatan lebah, Anda dapat memiliki reaksi yang berpotensi mengancam jiwa yang disebut anafilaksis. 

Jika Anda mengalami gejala termasuk kemerahan di area kulit yang lebarnya lebih dari 10 inci atau bertambahnya rasa sakit, bengkak, kemerahan, drainase nanah dan demam maka segera cari bantuan medis.

4. Laba-laba

Menurut Mayo Clinic, gigitan laba-laba jenis black widow bisa tidak mematikan. Tetapi dapat menyebabkan kram parah, lemah, berkeringat, sakit kepala, gelisah, gatal, mual, muntah, sulit bernapas dan tekanan darah tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini