Info

Studi: Kayu Manis Bisa Turunkan Gula Darah dan Risiko Diabetes Tipe 2

Kayu manis meningkatkan kontrol gula darah pada orang dengan prediabetes dan dapat memperlambat perkembangan menjadi diabetes tipe 2.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Kayu manis/ (Unsplash/@Vanesa conunaese)
Kayu manis/ (Unsplash/@Vanesa conunaese)

Himedik.com - Sebuah studi menunjukkan, kayu manis bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, terutama pada orang-orang prediabetes. Hal ini dilaporkan dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of the Endocrine Society.

Dilansir dari MedicalXpress, diperkirakan bahwa hampir 90 juta orang di Amerika Serikat memiliki prediabetes yang terjadi ketika kadar gula darah lebih tinggi dari normal maka bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Orang prediabetes adalah mereka yang memiliki kadar gula tinggi tapi belum sampai pada tingkat diabetes.

Mengidentifikasi strategi untuk mencegah perkembangan dari prediabetes menjadi diabetes tipe 2 adalah hal penting untuk populasi yang besar.

"Studi 12 minggu kami menunjukkan efek menguntungkan dari menambahkan kayu manis ke dalam makanan untuk menjaga kadar gula darah stabil pada peserta dengan prediabetes," kata penulis studi, Giulio R. Romeo, MD dari Joslin Diabetes Center di Boston. 

Kayu Manis
Kayu Manis

"Temuan ini memberikan alasan untuk studi yang lebih lama dan lebih besar serta detail mengenai kayu manis dapat mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu," tambahnya. 

Uji klinis acak menyelidiki efek suplementasi kayu manis pada 51 peserta dengan prediabetes. Peserta diberikan kapsul kayu manis 500 mg atau plasebo tiga kali sehari selama 12 minggu. 

Para peneliti menemukan bahwa suplemen kayu manis menurunkan kadar glukosa puasa abnormal dan meningkatkan respons tubuh untuk makan dengan karbohidrat yang merupakan ciri khas prediabetes. 

Kayu manis dapat ditoleransi dengan baik dan tidak terkait dengan efek samping spesifik atau efek samping biasa. 

Berita Terkait

Berita Terkini