Info

Bau Urine Tajam Bisa Jadi Tanda Virus Corona Covid-19, Ini Penjelasannya!

Bau dan warna urine dilaporkan bisa menjadi acuan untuk mendeteksi infeksi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

buang air kecil (Suara.com/Shutterstock)
buang air kecil (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 15 juta orang di dunia, umumnya meliputi batuk dan demam tinggi. Tapi, tak semua orang mengalami gejala umum tersebut.

Beberapa pasien Covid-19 bisa tidak mengalami gejala apapun dan gejala aneh lainnya. Laporan terbaru, Anda bisa berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 bila urine mulai berbau sangat kuat.

Aroma urine yang berbau tajam adalah tanda peringatan dehidrasi, sama halnya ketika urine berwarna kuning pekat atau keruh. Menurut Ohio State University, dehidrasi itulah yang bisa menjadi tanda peringatan virus corona Covid-19.

Aroma urine bisa menjadi sangat bau karena lebih terkonsentrasi. Kondisi itu disebabkan oleh tingkat cairan yang lebih rendah dalam tubuh.

Jika Anda mengalami dehidrasi disertai dengan kesulitan bernapas atau gejala umum virus corona Covid-19 lainnya, perlu mengunjungi dokter untuk mencari penyebab yang tepat.

Ilustrasi urine (Pixabay/Frolecsomepl)
Ilustrasi urine (Pixabay/Frolecsomepl)

"Karena virus corona Covid-19 sudah menyebar luas di seluruh dunia, Anda perlu memahami gejala ringan, sedang hingga berat untuk mencari bantuan medis segera," jelas ahli dari Ohio State University dikutip dari Express.

Virus corona Covid-19 biasanya menyebabkan flu biasa atau penyakit virus pernapasan ringan lainnya. Tapi, virus corona jenis baru ini bisa menyebabkan kondisi lebih serius dan kematian pada beberapa pasien.

Pasien usia lanjut dan memiliki riwayat masalah kesehatan bisa mengalami gejala sedang hingga berat yang membutuhkan perawatan dukungan, seperti cairan untuk mengatasi dehidrasi.

"Jika Anda mengalami gejala sedang, kemungkinan Anda tidak perlu dirawat di rumah sakit, kecuali Anda mengalami dehidrasi dan kesulitan bernapas," jelasnya.

Anda bisa mengalami dehidrasi bila memiliki rasa haus yang meningkat, mulut kering, penurunan output urine, urine berwarna keruh, kulit kering, sakit kepala dan pusing.

Pasien virus corona Covid-19 juga bisa mengalami kelelahan akut sehingga kesulitan bangun dari tempat tidurnya. Bila Anda mengalami gejala ringan hingga sedang, segeralah pergi ke rumah sakit dan mengisolasi diri.

Berita Terkait

Berita Terkini