Info

Aman dan Praktis, OMRON Meluncurkan Robot Disinfeksi UVC

Omron bersama dengan Techmatics Robotics membuat kreasi robot yang mampu mendisinfeksi tempat atau area secara otomatis.

Yasinta Rahmawati

Robot disinfeksi produksi Omron dan  Techmatics Robotics. (Dok. Istimewa)
Robot disinfeksi produksi Omron dan Techmatics Robotics. (Dok. Istimewa)

Himedik.com - OMRON Asia Pasifik mulai memperluas kemampuannya di bidang disinfeksi UVC dengan meluncurkan robot LD-UVC di Indonesia dan di seluruh wilayah Asia Pasifik.

OMRON yang merupakan pemimpin global di bidang solusi otomasi industri itu meluncurkan robot lewat kreasi bersama dengan Techmetics Robotics.

Kreasi ini muncul seiring dengan kebutuhan disinfeksi di tengah pandemi Covid-19. Pemaparan dengan cahaya UVC terbukti secara efektif dapat memecah patogen DNA dan RNA , sehingga mampu menghentikan patogen tersebut untuk berkembang ataupun melakukan replikasi.

Nah, LD-UVC dari OMRON mampu bernavigasi secara otonom dan mendisinfeksi tempat atau area yang memiliki intensitas tinggi tersentuh oleh manusia dengan menghilangkan 99.90% bakteri dan virus. Baik yang penyebarannya melalui udara ataupun dari tetesan (droplet) cairan dengan memberikan dosis UVC secara tepat.

Ditambah lagi robot ini dilengkapi dengan laser dan Passive Infrared Motion Sensor (PIR), yang berfungsi untuk mendeteksi dan menghindari rintangan ketika robot LD UVC melakukan pekerjaan di area koridor, elevator dan bahkan pintu otomatis dengan mulus tanpa hambatan.

Sensor tersebut juga berfungsi untuk mematikan sinar UVC apabila robot mendeteksi kehadiran manusia, sehingga memastikan keamanan yang sempurna bagi manusia.

"Pentingnya sanitasi dan disinfeksi di era pasca Covid-19, kami yakin robot akan memberikan nilai besar bagi organisasi yang berjuang untuk menemukan solusi yang tepat, efektif dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama untuk mendisinfeksi tempat mereka sehingga dapat memberikan rasa aman dan bebas dari kuman," jelas Mr. Takehito Maeda, Direktur Pelaksana Bisnis Otomasi Industri OMRON Asia Pacific dalam rilis, Jumat (24/07/2020).

Robot disinfeksi produksi Omron dan  Techmatics Robotics. (Dok. Istimewa)
Robot disinfeksi produksi Omron dan Techmatics Robotics. (Dok. Istimewa)

Didorong oleh misi untuk berkontribusi pada masyarakat dengan mengidentifikasi kebutuhan sosial, OMRON berupaya untuk berkolaborasi dengan mitra yang handal, yakni Techmetics Robotics di mana mereka memiliki pemikiran yang sama untuk menghasilkan solusi inovatif.

Robot ini cocok untuk kondisi di dalam ruangan, sebab robot dapat mengikuti rute yang sudah dipetakan sebelumnya, sehingga dapat menggantikan tugas berbahaya bagi manusia ketika lampu UVC dinyalakan.

Robot juga dilengkapi dengan bumper, sonar dan emergency stop memberikan keamanan tambahan bagi manusia. Dengan kemampuan untuk mengisi daya secara otomatis dan sistem kontrol antarmuka yang mudah digunakan.

Fitur-fitur tersebut menjadikan LD-UVC menjadi alat disinfeksi yang ideal untuk di rumah sakit, hotel, mall, gedung serbaguna, bandara dan gedung perkantoran.

Mr. Mathan Muthupillai, Pendiri dan CEO Techmetics Robotics mengatakan bahwa dengan diperkenalkannya aplikasi UVC, telah terjadi lompatan yang signifikan.

"Kami telah melakukan lompatan yang signifikan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan sosial yang sangat penting dengan memberdayakan organisasi dengan solusi canggih dan efektif untuk mencegah serta mengurangi ancaman Covid-19," jelasnya.

Dengan integrasi perangkat lunak yang sederhana, robot LD-UVC dapat dibuat dan digunakan dengan waktu pemasangan minimal dan tidak memerlukan modifikasi di tempat.

Berita Terkait

Berita Terkini