Info

Demi Bukti Tidak Kekurangan Oksigen, Dokter Ini Berlari 35 Km Pakai Masker

Hal ini sekaligus dilakukan Lawton untuk mendorong orang-orang memakai masker ketika mereka meninggalkan rumah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jogging pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi jogging pakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Selama pandemi Covid-19, spekulasi bahwa memakai masker akan membuat tubuh kekurangan oksigen mencuat dan sayangnya, diyakini banyak orang. Namun, hal itu dibantah oleh seorang dokter dengan bukti nyata.

Dilansir dari Independent, Tom Lawton, seorang dokter di unit perawatan intensif di Bradford Royal Infirmary berlari dari rumah ke tempat kerjanya sejauh 22 mil (35 km) dengan masker.

Lawton melakukan itu untuk membuktikan bahwa mengenakan masker saat beraktivitas tidak mengurangi kadar oksigen, serta mendorong orang-orang untuk memakai masker ketika mereka meninggalkan rumah.

Lawton juga memulai halaman GoFundMe yang dirancang untuk mengumpulkan uang demi The Trussell Trust, yang mengoperasikan bank makanan di Bradford dan di seluruh negeri.

"Saya sangat mendukung apa pun yang bisa membuat kita semua aman," tulis Lawton di halaman GoFundMe .

"Karena itu saya kesal dengan informasi yang salah tentang kadar oksigen dan masker, serta pesan yang membingungkan kapan harus memakainya (di dalam ruangan!)"

Tom Lawton. (Twitter/@LawtonTri)
Tom Lawton. (Twitter/@LawtonTri)

Lawton menjelaskan bahwa dia sebelumnya seorang atlet triatlon, tetapi pandemi itu telah "merampas" kesehatannya.

Maka untuk meredam kesalahan dan kebingungan informasi itu, ia memutuskan pulang pergi dari rumah ke tempat kerja dengan berlari memakai masker.

Ia pun mengabadikan usahanya tersebut dengan memposting video maupun foto di media sosial.

Ia menambahkan bahwa jika ia bisa berlari sejauh 16-21 mil mengenakan masker, maka orang-orang pun mestinya tidak masalah beraktivitas mengenakan masker. 

"Masker tidak lepas sama sekali (tidak ada makanan atau minuman) dan kadar oksigen tetap berada di angka 98 persen setiap kali saya memeriksanya," tulisnya.

Tom Lawton. (Twitter/@LawtonTri)
Tom Lawton. (Twitter/@LawtonTri)

 

"Silakan mengutip pernyataan ini ketika ada orang yang mengatakan pada Anda bahwa pakai masker itu buruk. Tetaplah aman dan bebas Covid," tambahnya.

Apa yang dilakukan Lawton ini sejalan dengan panduan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyatakan di situs resminya bahwa, "Penggunaan masker medis yang berkepanjangan bisa tidak nyaman. Namun, itu tidak menyebabkan keracunan CO2 atau kekurangan oksigen".

Berita Terkait

Berita Terkini