Info

Manfaat Suplemen Kayu Manis, Turunkan Kadar Gula pada Penderita Prediabetes

Suplemen kayu manis dapat memperlambat prediabetes menjadi diabetes.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi tes gula darah (theconversation.com)
Ilustrasi tes gula darah (theconversation.com)

Himedik.com - Kondisi prediabetes umumnya tejadi pada orang dewasa, terutama pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Mengutip Hello Sehat, prediabetes merupakan kondisi peningkatan kadar gula darah dari biasanya tapi belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes tipe 2. Untuk mengontrolnya, peneliti merekomendasikan suplemen kayu manis.

Menurut studi yang terbit dalam Journal of the Endocrine Society, suplemen kayu manis dapat mengontrol kadar gula penderita prediabetes, berpotensi memperlambat perkembangan diabetes tipe 2.

"Penderita prediabetes, (konsumsi) suplemen kayu manis selama 12 minggu meningkatkan Fasting Plasma Glucose (FPG) dan toleransi glukosa, dengan keamanan yang baik," kata peneliti dari Joslin Diabetes Center di Boston, AS.

Setengah sendok teh bubuk kayu mayu manis setiap hari terbukti efektif menurunkan kolesterol jahat. (shutterstock)
Ilustrasi kayu manis. (shutterstock)

Peneliti menambahkan, suplemen kayu manis tidak hanya menurunkan kadar FPG, tetapi juga meningkatkan kemampuan tubuh menoleransi kabrbohidrat.

Meski prediabetes dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2, peneliti mengatakan hal itu bisa dicegah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup penderita. Penurunan berat badan dan konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat berpengaruh.

Namun dalam sebagian besar kasus, prediabetes tidak terdeteksi. Sebanyak tiga hingga 11 persen penderita prediabetes mengalami diabetes tipe 2 tiap tahun.

"Itu disebabkan identifikasi strategi yang efektif, tahan lama, aman, dan hemat biaya untuk pencegahan diabetes tipe 2 tetap menjadi kebutuhan yang tidak terpenuhi secara klinis, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah," ujar peneliti, dikutip dari Fox News.

Berita Terkait

Berita Terkini