Info

Waspada, Pakai 4 Item Fesyen Ini Ternyata Berisiko bagi Kesehatan

Kesehatan sering kali dikaitkan dengan kebiasaan dan asupan yang kita makan. Tetapi fesyen Anda tenyata juga berpengaruh pada kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi pakaian ketat (pixabay)
ilustrasi pakaian ketat (pixabay)

Himedik.com - Ternyata kesehatan bukan hanya dipengaruhi apa yang Anda makan tapi juga apa yang kita pakai. Pasalnya, beberapa item fesyen yang Anda pakai ternyata bisa berisiko untuk kesehatan.

Melansir dari Hindustan Times, berikut beberapa item fesyen yang ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan Anda, antara lain:

1. Korset

Korset sering kali digunakan perempuan untuk menampilkan kesan ramping di bagian perut dan pinggang. Sayangnya, si pembuat ramping yang satu ini tidak baik untuk kesehatan Anda. 

Menurut Dr. Rahul Shah, ahli bedah ortopedi, Rumah Sakit Bhatia India, korset yang ketat bisa menyebabkan keringat dan memicu iritasi, kulit kering, hingga mati rasa dalam jangka panjang. 

"Dengan menggunakan korset perut mungkin ditekan melampaui tingkat diafragma yang mengarah pada peningkatan peluang rasa mulas dan refluks asam. Pencernaan mungkin menjadi sulit karena kompresi korset di atas area perut," kata dokter Shah.

"Korset ketat juga menghasilkan penurunan asupan oksigen yang menyebabkan sesak napas," imbuhnya.

Waspada, Pakai 4 Item Fesyen Ini Ternyata Berisiko bagi Kesehatan - 1

2. Celana Jeans Ketat

Menurut dokter Shah, celana jeans ketat dapat menyebabkan infeksi jamur di daerah pangkal paha. Hal ini dikarenakan pakaian ketat dapat dapat memerangkap kelembaban dari keringat, sehingga sangat ideal untuk pertumbuhan jamur. 

Pada pria, jeans ketat dapat menyebabkan tekanan pada testis sehingga memicu rendahnya jumlah sperma. Jeans ketat juga dapat menyebabkan mati rasa atau sakit pada paha luar yang mengarah ke neuralgia. 

Tah hanya itu, celana jeans ketat dapat menyebabkan lebih banyak darah menggenang di kaki atau memperlambat aliran darah. 

3. Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi juga menimbulkan risiko kesehatan tertentu terutama jika digunakan dalam jangka panjang.  Menurut dokter Shah, sepatu hak tinggi yang umumnya ketat dan menempatkan berat badan di kaki bagian bawah bisa kapalan dan metatarsalgia (peradangan atau pembengkakan mata kaki).

"Sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di bagian depan lutut, keseleo, hingga nyeri punggung," tambah dokter Shah.

Ilustrasi sepatu hak tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi sepatu hak tinggi. (Shutterstock)

4. Anting-anting berat

Anting-anting yang terlalu berat bisa menyebabkan keausan di daun telinga jika dipakai terlalu sering atau terlalu lama. 

"Anting yang berat dapat menyebabkan ketegangan pada lobulus telinga yang dapat memicu robekan, bahkan menimbulkan keloid (bekas luka timbul,)" kata Dr. Rinky Kapoor, Dermatologis Kosmetik dan Dermatosurgeon.

Berita Terkait

Berita Terkini