Info

Hindari Penyebaran Covid-19 Usai Belanja, Terapkan 5 Langkah Ini

Anda perlu berhati-hati ketika menyentuh dan mengolah makanan sebelum dikonsumsi, termasuk saat berbelanja.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi belanja. (Shutterstock)
Ilustrasi belanja. (Shutterstock)

Himedik.com - Dengan kebijakan new normal sekarang, semua orang disarankan untuk lebih sadar terhadap kesehatan dan kebersihannya. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan seperti mengenakan masker, sarung tangan dan membersihkan segala sesuatu sebelum menyentuhnya.

Satu hal yang paling penting, Anda juga perlu berhati-hati ketika menyentuh dan mengolah makanan sebelum dikonsumsi. Bahkan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melindungi diri saat berbelanja.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19 ketika dan setelah berbelanja, yaitu:

1. Sanitasi atau bersihkan tangan sebelum masuk rumah

Setelah Anda berpergian keluar atau berbelanjang, Anda akan terpapar banyak bakteri dan partikel asing yang mungkin berisiko bagi kesehatan. Karena itu dilansir dari Times of India, Anda harus membawa pembersih tangan dan hand sanitizer setiap kali berpergian.

Jika berada di luar rumah, Anda juga dilarang menyentuh wajah menggunakan tangan untuk menghindari virus corona Covid-19.

Ilustrasi belanja. (Pexels)
Ilustrasi belanja. (Pexels)

 

2. Letakkan barang belanjaan, kunci, tas hingga ponsel di lantai

Saat berbelanja, biasanya Anda akan membawa tas, ponsel, dompet, kunci dan berbagai macam benda lainnya. Karena itu, Anda perlu meletakkannya di lantai ketika pulang, termasuk barang belanjaan.

Karena, benda-benda itu merupakan tempat tinggal yang cocok untuk kuman dan bisa bertahan beberapa jam. Tapi, Anda tak perlu mendisinfeksi barang belanjaan atau bahan makanan yang dibeli. Anda bisa mendisinfeksi tas belanjaan setelah mengeluarkan semua barangnya.

3. Letakkan sepatu di luar dan cuci semua pakaian yang dikenakan

Sepulang dari berbelanja, Anda perlu melepas sepatu atau sandal di luar rumah dan langsung menuju kamar mandi. Lepaskan dan rendam pakaian yang digunakan ke dalam ember berisi air panas dan sabun.

Anda juga disarankan mandi pakai air dan sabun, lalu mengenakan pakaian yang baru lagi. Anda bisa meletakkan sepatu atau sandal beberapa jam di luar untuk membunuh kuman sebelum membawanya masuk lagi. Anda juga bisa mendisinfektan sepatu agar lebih yakin.

4. Cuci masker dan topi

Saat ini semua orang disarankan selalu memakai masker ketika berpergian. Karena itu, Anda perlu rutin mencucinya setelah selesai memakainya. Anda bisa mencucinya menggunakan air panas dan sabun untuk membunuh kuman.

5. Buang kantong belanja sekali pakai

Beberapa orang mungkin pergi berbelanja tanpa membawa tas khusus, sehingga penjual akan memberinya tas kresek atau plastik sekali pakai. Karena itu, Anda harus segera membuangnya setelah tiba di rumah dan mengeluarkan semua barang belanjaan.

Berita Terkait

Berita Terkini