Info

Update Covid-19 Global: Kasus Anak Kena Covid-19 di AS Tinggi

Tujuh dari sepuluh infeksi Covid-19 itu berasal dari negara bagian di Selatan dan Barat.

Yasinta Rahmawati

Virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Jumlah pasien Covid-19 anak-anak di Amerika Serikat menunjukkan angka fantastis pada Selasa (11/8/2020). American Academy of Pediatrics and Children’s Hospital Association mencatat, total sebanyak 338.982 anak telah terinfeksi Covid-19 sejak awal pandemi.

Laporan itu muncul ketika orangtua dan para pimpinan sekolah menolak untuk melanjutkan belajar tatap muka karena virus terus melonjak di beberapa negara bagian.

Tujuh dari sepuluh infeksi itu berasal dari negara bagian di Selatan dan Barat, dari 49 negara bagian bersama dengan Washington D.C., Puerto Rico dan Guam.

Dikutip dari situs New York Times, data itu kemungkinan lebih tinggi karena laporan tidak menyertakan dari Texas dan informasi dari beberapa negara bagian di luar New York City.

Laporan tersebut mencatat bahwa anak-anak jarang sakit parah akibat Covid-19. Tetapi laporan lain, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), menyoroti bagaimana ancaman dari kondisi terkait Covid-19, yang disebut Sindrom Peradangan Multisistem pada Anak-anak atau MIS- C.

COVID-19. (Shutterstock)
COVID-19. (Shutterstock)

Anak-anak memang menjadi kelompok rentan paparan Covid-19. Indonesia sendiri menjadi negara dengan angka kematian Covid-19 pada anak tertinggi di Asia Tenggara.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Aman Pulungan pernah menyampaikan bahwa telah ada 51 anak meninggal akibat Covid-19. Sedangkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.712 anak hingga 20 Juli 2020.

Aman menyampaikan bahwa paling banyak anak yang meninggal masih berusia 29 hari sampai 11 bulan, yakni sekitar 17 orang. Sementara itu, anak yang dinyatakan suspect virus corona, dicatat IDAI ada 7.633 orang, 290 di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Menurut Aman, data itu menunjukan bahwa perhatian terhadap anak masih kurang. Ia menegaskan bahwa harusnya anak menjadi perhatian utama.

"Kita tidak menakuti, tapi tolong semua orang sadar anak kita bisa meninggal kalau terinfeksi Covid. Apalagi kalau dia terinfeksi penyakit lain yang memang dia ada. Memang ini kenyataannya," ujarnya.

Sementara itu, jumlah kasus Covid-19 di dunia telah mencapai lebih dari 20,2 juta orang tersebar di 215 negara. Penambahan kasus harian yang terjadi kemarin sebanyak 207.808 infeksi.

Kasus baru harian terbanyak masih dialami India dengan jumlah 53.016 orang, membuat negara itu kini memiliki jumlah kasus lebih dari 2,2 juta.

Kasus harian terbanyak kedua dialami AS dengan sebanyak 48.163 infeksi, sehingga total hari ini menjadi lebih dari 5,2 juta orang.

Indonesia juga masih mengalami kenaikan sebanyak 1.687 dalam sehari dan hingga saat ini junlah positif Covid-19 menjadi 127.083 orang, dengan jumlah kematian 5.765 dan sembuh 82.236 orang.

Berita Terkait

Berita Terkini