Info

Murah Meriah! 3 Bahan Alami Rumahan untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe memang sering kali menggangu sebagai masalah kulit kepala yang paling umum.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi rambut berketombe (shutterstock)
Ilustrasi rambut berketombe (shutterstock)

Himedik.com - Masalah ketombe memang mengganggu, tapi beberapa bahan alami ternyata bisa mengatasinya. Ketombe juga seirng bikin orang-orang tidak percaya diri.

Melansir dari Insider, Joshua Zeichner, MD, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai menyatakan bahwa ketombe adalah hasil reaksi tubuh terhadap jamur yang hidup secara alami di kulit, termasuk di kulit kepala. 

Memang telah banyak produk rambut yang menawarkan pengobatan ketombe. Namun jika Anda menghindari bahan kimiawi, berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi ketombe, antara lain:

1. Cuka Sari Apel

Menurut Zeichner, cuka sari apel dapat mengatasi masalah ketombe karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membunuh jamur penyebab ketombe. Cuka sari apel juga dengan sifat astringent mampu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih.

Waspada efek samping sari cuka apel. (Shutterstock)
Waspada efek samping sari cuka apel. (Shutterstock)

Untuk penggunaannya, Zeichner mengatakan untuk penggunaan cuka apel bisa diencerkan dengan air kemudian oleskan di kepala. Biarkan beberapa menit kemudian bilas. 

2. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat antijamur ringan dan eksfoliasi yang bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki pengelupasan di kulit kepala.

"Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan penumpukan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat di kulit kepala," kata Kaveri Karhade, MD, dokter kulit bersertifikat di daerah San Francisco.

Menurut Karhade, penggunaan bisa dilakukan dengan mencampurkan sekitar satu sendok baking soda ke dalam sampo biasa atau air. Kemudian pijatkan dan gosok kulit kepala dengan vaking soda yang telah dicampur.

3. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dikenal memiliki sifat melembapkan. Hal ini yang membuat lidah buaya mampu mengatasi rasa gatal yang menyertai kulit kering di kulit kepala.

Lidah Buaya (Shutterstock)
Lidah Buaya (Shutterstock)

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat menurunkan jamur di kulit kepala dan mengurangi timbulnya ketombe.

Oleskan gel lidah buaya di kulit kepala yang bermasalah. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air. 

Berita Terkait

Berita Terkini