Info

5 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Tubuh

Meski tak membuat banjir keringat, bermain catur membawa manfaat tersendiri.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Asah otak dengan bermain catur. (Pixabay/jarmoluk)
Asah otak dengan bermain catur. (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Bermain catur bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas rumahan selama masa pandemi Covid-19. Catur memang tidak bikin berkeringat secara langsung tapi, olahraga yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan otak. Berikut beberapa di antaranya.

Mendorong Pertumbuhan Otak

Melansir dari Health Fitness Revolution, catur bisa menantang otak dan merangsang pertumbuhan dendrit yang mengirimkan sinyal dari sel neuron otak. Dengan lebih banyak dendrit, komunikasi saraf di dalam otak meningkat dan menjadi lebih cepat. 

Melatih Kedua Sisi Otak 

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa ketika pemain catur diminta untuk mengidentifikasi posisi catur dan bentuk geometris, kedua belahan otak kiri dan kanan menjadi sangat aktif. 

Tingkatkan IQ 

Satu studi ilmiah menunjukkan bahwa bermain permainan, salah satunya catur bisa meningkatkan IQ seseorang. Sebuah penelitian terhadap 4.000 siswa Venezuela menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam skor IQ pada anak laki-laki dan perempuan setelah empat bulan belajar catur. 

Ilustrasi biji catur. (Shutterstock)
Ilustrasi biji catur. (Shutterstock)

Membantu Mencegah Demensia

Seiring bertambahnya usia, pelatihan otak menjadi semakin penting. Sebuah studi yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan otak seperti catur lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia. 

Mengoptimalkan Daya Ingat 

Sebuah penelitian terhadap siswa kelas enam di Pennsylvania, Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang belum pernah bermain catur mengalami peningkatan daya ingat dan keterampilan verbal setelah berlatih catur.

Berita Terkait

Berita Terkini