Info

Peringati Hari Alzheimer Sedunia, Jus Buah Ini Bisa Bantu Mencegah Demensia

Hari Alzheimer Sedunia mestinya menjadi pengingat semua orang dalam melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi alzheimer/unsplash
Ilustrasi alzheimer/unsplash

Himedik.com - Hari Alzheimer Sedunia selalu diperingati setiap 21 September guna mengingatkan semua orang betapa pentingnya kesadaran mengenai risiko dan tindakan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Alzheimer termasuk salah satu jenis demensia, penyakit yang memengaruhi bagian otak dalam mengontrol pikiran, bahasa, memori dan bisa mengganggu kemampuan kognitif penderitanya.

Sebenarnya, orang bisa memperlambat perkembangan kondisi ini dengan mendiagnosisnya lebih awal dan mengubah gaya hidup untuk menurunkan risiko alzheimer.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah alzheimer adalah minumlah jus lemon secara teratur setiap harinya. Bahkan Anda bisa menambahkan lemon ke dalam makanan sehari-hari.

Menurut Dr Deborah Lee, dari Dr Fox Online Pharmacy dilansir dari Express, orang dengan masalah demensia biasanya memiliki produk akhir glikasi lanjutan (AEGs) dalam jumlah besar di otak.

Ilustrasi lemon (shutterstock)
Ilustrasi lemon (shutterstock)

AEGs adalah sejenis protein yang terakumulasi di dalam tubuh dan berbahaya jika jumlahnya terlalu besar. Protein ini juga diproduksi oleh masakan makanan tertentu dalam jangka waktu lama pada suhu tinggi.

Karena itu, salah satu cara termudah untuk membatasi jumlah AEGs dalam masakan adalah menambahkan perasan lemon ke dalam bumbu masakan sebagai peredamnya.

"AEGs diproduksi dengan memasak makanan dalam waktu lama pada suhu tinggi, seperti memanggang atau menggoreng," jelas Deborah.

Saat molekul bertabrakan di dalam aliran darah, terkadang gula seperti glukosa atau fruktosa menempel pada protein atau partikel lemak. Saat gula darah tinggi, maka semakin banyak jumlah AEG yang terbentuk.

Jumlah AEGs yang besar biasa ditemukan pada otak penderita alzheimer. Karena itu, Deborah menyarankan untuk memasukkan perasan lemon ke dalam masakan sebelum mengolahnya atau minum jus lemon secara teratur.

Anda juga bisa menghindari produksi AEGs yang berlebihan dalam masakan dengan cara mengukus masakan atau sayuran, bukan menggorengnya.

Sebab, mengukus atau merebus sayuran bisa mengurangi jumlah AEGs sekitar 75 persen. Anda juga disarankan untuk mengolah masakan dalam suhu rendah.

Sementara, makanan olahan biasanya cenderung memiliki jumlah AEGs lebih tinggi daripada makanan lain. Sehingga Anda perlu menghindari atau menguranginya jika ingin mencegah alzheimer.

Selain mengubah cara pengolahan dan minum jus lemon, Anda juga tetap memerlukan olahraga sedang setidaknya 150 menit dalam seminggu untuk menurunkan risiko alzheimer.

Berita Terkait

Berita Terkini