Info

Update Covid-19 Global: Inggris Meningkatkan Kewaspadaan

Petugas medis Inggris menaikkan tingkat kewaspadaan terhadap infeksi Covid-19 dengan mengatakan virus itu beredar di udara dan memiliki kemampuan penularan yang tinggi.

Yasinta Rahmawati

Virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Berdasarkan yang dilaporkan melalui situs Worldomenters.info per Selasa, 22 September pukul 01.07 GMT atau 08.15 WIB, tercatat infeksi baru mencapai 226.037 orang hanya dalam satu hari.  Sehingga total saat ini virus corona Covid-19 tersebut telah menginfeksi lebih dari 31,4 juta orang di 215 negara di dunia.

Sementara angka kematian bertambah 4.020 total secara global menjadi 968.905 jiwa. Dan pasien yang telah dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19 tercatat lebih dari 23 juta orang di dunia.

Di sisi lain, petugas medis Inggris menaikkan tingkat kewaspadaan terhadap infeksi Covid-19 dengan mengatakan virus itu beredar di udara dan memiliki kemampuan penularan yang tinggi.

Langkah itu dilakukan ketika Perdana Menteri Inggris Boris Johnson diperkirakan akan mengumumkan pembatasan wilayah lebih lanjut hari ini. 

Kepala petugas medis Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, mengatakan bahwa kasus meningkat dengan cepat dan mungkin secara eksponensial.

"Meningkatkan kewaspadaan dari tiga menjadi empat, tingkat tertinggi kedua, atas saran dari Pusat Keamanan Hayati Bersama," katanya dikutip dari SCMP.

Perubahan itu terjadi beberapa jam setelah pakar kesehatan Inggris terkemuka lainnya memperingatkan publik bahwa mereka harus lebih bersabar untuk mengendalikan gelombang kedua pandemi Covid-19.

Kepala Petugas Ilmiah Patrick Vallance dan Kepala Petugas Medis Chris Whitty mengatakan, setelah peningkatan infeksi baru secara perlahan selama musim panas, jumlah kasus baru Covid-19 berlipat ganda setiap tujuh hari. 

Mereka mengatakan infeksi baru dapat meningkat sepuluh kali lipat menjadi hampir 50.000 per hari pada bulan depan jika tidak ada yang dilakukan sejak sekarang untuk membendung penularan.

Di negara lain, peningkatan infeksi telah menyebabkan peningkatan kematian, kata Whitty. "Kami, dalam arti yang sangat buruk, benar-benar berubah arah setelah berminggu-minggu infeksi meningkat," katanya.

Inggris jadi negara keempat kasus Covid-19 terbanyak di Eropa dengan jumlah 398.625 infeksi virus corona, bertambah 4.368 dalam waktu 24 jam.

Meski begitu, angka kematiannya tercatat jadi yang tertinggi di Eropa, sebanyak 41.788 jiwa.

Berita Terkait

Berita Terkini