Info

Bisa Menyeimbangkan Hormon Wanita, DKT Indonesia Rilis Pil KB Baru

Kontrasepsi ini dibuat agar perempuan tidak takut lagi untuk menggunakan pil KB.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi pil KB (Shutterstock)
Ilustrasi pil KB (Shutterstock)

Himedik.com - Organisasi DKT Indonesia meluncurkan sebuah alat kontrasepsi baru untuk wanita hari ini, Kamis (24/9/2020). Kontrasepsi berbentuk pil KB ini dinamai Pil KB Elzsa. Kontrasepsi ini dibuat agar para wanita tidak takut lagi untuk menggunakan pil KB, yang banyak ditakutkan karena efek sampingnya.

"Salah satu alasan perempuan enggan untuk menggunakan kontrasepsi adalah dikarenakan ketakutan akan efek samping yang ditimbulkan," kata Melati Gultom, Brand Manager Pil KB Elzsa, dalam Webinar Sadar Berkontrasepsi di Masa Pandemi.

Ia menambahkan, pil KB ini mengandung hormon kombinasi cyproterone acetate dan ethinylestradiol, yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon pada perempuan.

"Cyproterone acetate dapat menghambat pengaruh androgen pada perempuan sehingga dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peningkatan produksi atau sensitivitas tertentu terhadap hormon-hormon ini," tambahnya.

Pil KB terbaru dari DKT Indonesia (DKT Indonesia)
Pil KB terbaru dari DKT Indonesia (DKT Indonesia)

Efek yang diberikannya adalah berupa penghambatan ovulasi dan perubahan-perubahan sekresi leher rahim.

Selain itu, pil KB baru ini dapat membantu perempuan agar memiliki siklus menstruasi yang lebih teratur dan kurangnya nyeri menstruasi serta darah haid.

"Berkurangnya darah haid menyebabkan berkurangnya defisiensi zat besi," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, DKT Indonesia juga telah memberikan donasi berupa 1.000 Pil KB Andalan Laktasi kepada para ibu menyusui di wilayah Aceh, Medan dan Banjarmasin melalui program ‘1.000 Kebaikan Ibu Andalan’.

Tujuannya, untuk meningkatkan penggunaan kontrasepsi bagi ibu menyusui di masa pandemi di ketiga wilayah tersebut.

"Menyusui dan keluarga berencana adalah dua bagian besar yang umumnya dipikirkan para ibu untuk membuat keluarga yang berkualitas. Melalui program ‘1.000 Kebaikan Ibu Andalan’ kami ingin berbagi kepada Ibu menyusui di wilayah tersebut untuk memenuhi KB mereka khususnya di masa pandemi ini," tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini