Info

10 Manfaat Kesehatan Buah Mangga, Cegah Anemia hingga Kanker!

Salah satu manfaat terbaik buah mangga adalah meningkatkan kecantikan kulit, karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)

Himedik.com - Rasanya yang manis dan segar, membaut buah mangga digemari banyak orang. Namun di balik rasanya yang enak itu, kandungan gizi jus mangga pun begitu banyak untuk tubuh kita, saat dikonsumsi rutin setiap hari.

Tentunya dalam mengonsumsi jus mangga ini memang sebaiknya tidak ditambah lagi gula karena mangga sudah memiliki kandungan gula alami. Berikut beberapa khasiat jus mangga yang dirangkum Suara.com dilansir dari Boldsky:

1. Mempercantik kulit

Salah satu manfaat terbaik jus mangga adalah meningkatkan kecantikan kulit, karena kandungan vitamin C yang tinggi. Selain dengan cara dikonsumsi, berbagai masalah kulit bisa diobati melalui penanganan eksternal.

Jerawat dan masalah kulit lainnya juga dapat diobati dengan menggunakan buah mangga, dengan dibalurinya sisa buah itu pada kulit selama sekitar sepuluh menit.lalu disarankan cuci kulit dengan air hangat.

2. Menjaga Kesehatan hati

Dengan mengonsumsi jus mangga hijau, sangat bermanfaat untuk kesehatan hati Anda karena membantu mengobati penyakit hati. Asam dalam buah mentah meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri.

3. Mencegah kanker

Mangga mengandung senyawa antioksidan termasuk astragalin, methylgallat, isoquercitrin, fisetin, quercetin, dan asam galat. Semua senyawa ini dianggap efektif untuk mengurangi risiko kanker payudara, usus besar, leukemia, dan prostat.

Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)

 

4. Menurunkan kolesterol

Jus mangga juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Vitamin C dalam mangga bisa menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh.

5. Mempertahankan tekanan darah

Jus mangga mengandung zat gizi penting yaitu potasium yang membantu fungsi otot, jantung, dan saraf. Mineral ini juga mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah.

6. Mencegah anemia

Satu gelas jus mangga juga diketahui mengandung sejumlah zat besi yang signifiakan. Hal ini tentunya bisa efektif untuk mencegah dari penyakit anemia.

Khusus bagi ibu hamil, jus mangga sangat bermanfaat karena mereka membutuhkan kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan saat kondisi normal.

7. Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit parah yang ditandai dengan kelebihan gula darah dalam tubuh. Penyebab diabetes yang paling umum adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan resistensi insulin.

Jus mangga tanpa gula bisa mengontrol kadar gula dengan menormalkan kadar insulin, mempertahankan tekanan darah, dan mengurangi kolesterol jahat.

8. Menyehatkan pencernaan

Jus mangga dikenal untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan menenangkan perut yang sakit. Jadi jika Anda menderita sembelit, konsumsilah jus ini yang bisa dikombinasikan dengan jus jeruk dan nanas.

9. Menurunkan Berat Badan

Dapat menurunkan berat badan, karena buah ini terbaik untuk dimakan saat Anda ingin menurunkan kalori. Jus mangga membantu meningkatkan metabolisme sehingga membantu Anda membakar lebih banyak kalori, dan juga lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit gula.

10. Menjaga kesehatan gigi

Sariawan adalah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan gusi berdarah, ruam, memar, lemas dan bau. Karena jus manga mentah kaya akan vitamin C, itu dapat membantu menyembuhkan masalah tersebut.

Jus mangga juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kebersihan gigi dengan mencegah bau mulut dan juga melawan kerusakan gigi.

(Suara.com/ Luthfi Khairul Fikri)

Berita Terkait

Berita Terkini