Info

Jangan Abaikan, Benjolan di Lidah Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19

Virus corona Covid-19 bisa menyebabkan gejala berupa benjolan di lidah yang perlu diwaspadai.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)

Himedik.com - Selama ini orang mengetahui gejala umum virus corona Covid-19 berupa demam tinggi, batuk persisten hingga hilangnya indra penciuman dan pengecap.

Tetapi dilansir dari Express, baru-baru ini ahli menemukan masalah ruam kulit justru termasuk gejala umum akibat virus corona Covid-19, setelah beberapa pasien virus corona melaporkan gejala tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 bila melihat tanda-tanda aneh pada mulut. Para peneliti memeringatkan beberapa pasien mungkin mengalami benjolan kecil berwarna merah di lidah.

Dokter di Madrid, Spanyol, mengatakan lebih dari seperempat orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 mungkin mengalami ruam di dalam mulutnya.

Gejala paling umum ruam ini adalah benjolan di dalam mulut. Biasanya benjolan ini muncul di lidah dan cenderung berwarna merah atau putih.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Beberapa pasien virus corona Covid-19 menggambarkan benjolan itu mirip dengan jerawat. Benjolan ini mungkin sangat menyakitkan, terutama saat makan dan minum.

Tapi, Anda juga belum tentu terinfeksi virus corona Covid-19 hanya karena memiliki benjolan pada lidah. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh makanan pedas, alergi makanan tertentu atau tidak sengaja menggigit lidah.

Sementara itu, Anda juga bisa berisiko terkena infeksi jika bibir terasa perih. Menurut British Association of Dermatologist, bibir Anda mungkin terasa bersisik atau sangat kering akibat kondisi tersebut.

Rasa sakit ini juga bisa meluas ke dalam mulut. Meski begitu, tanda-tanda oral hanya sebagian kecil dari kemungkinan gejala kulit akibat virus corona Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini