Info

Tak Perlu Minum Kopi, Simak 5 Cara Usir Kantuk di Siang Hari

Mengusir kantuk tak cuma pakai kopi, lho.

Yasinta Rahmawati

Mengantuk (gentleman)
Mengantuk (gentleman)

Himedik.com - Saat bekerja di siang hari, tak jarang rasa kantuk melanda. Penyebab kantuk di siang bisa beragam, mulai dari kurang tidur malam, jadwal tidur yang kacau, hingga gangguan tidur seperti insomnia.

Lalu bagaimana cara menghilangkan kantuk di siang hari? Sebelum meneguk segelas kopi, berikut 5 kiat mengusir kantuk di siang hari mengutip WebMD, Senin (28/9/2020).

1. Bangun dan bergerak

Kiat ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan Profesor Robert Thayer, PhD, dari California State University, Long Beach yang membuktikan berjalan kaki lebih dari 10 menit lebih ampuh meningkatkan energi selama dua jam, dibanding mengonsumsi permen untuk mengusir kantuk yang hanya bertahan selama satu jam.

Ini karena berjalan kaki bisa memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot. Jika bekerja duduk di meja, maka sering-seringlah berjalan-jalan sebentar.

Seperti jam makan siang berjalan ke restoran, atau pergi ke lokasi bagus untuk memakan bekal, cara ini akan membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari kantuk.

2. Beristirahat sejenak

Beristirahatlah hanya untuk mengusir kantuk bukan untuk beristirahat panjang.

Maka Barry Krakow, MS penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night menyarankan tidur menghilangkan kantuk cukup 5 hingga 25 menit.

Tidur siang saat bekerja bisa sangat berisiko, karenanya pastikan memasang jam weker agar tidak mempengaruhi jam bekerja.

"Jika tidak bisa tidur siang, maka beristirahatlah selama 10 menit dengan mata tertutup dan keadaan yang tenang akan sangat membantu," ungkap Allison T. Siebern, PhD, Peeliti Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

Berita Terkait

Berita Terkini