Info

Hindari Penyakit Kardiovaskular, Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Jantung

Menjaga jantung tetap sehat sangat penting untuk kesehatan keseluruhan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi jantung sehat (better nutrition)
ilustrasi jantung sehat (better nutrition)

Himedik.com - Federasi Jantung Dunia menyatakan bahwa penyakit kardiovaskular (CVD) merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Pemicu CVD pun bisa sangat beragam, seperti merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, hingga polusi udara.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips  yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain:

1. Makan sehat

Melansir dari DNA India, pola makan sehat menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada risiko pengembangan penyakit jantung. Beberapa pola makan yang tidak disarankan adalah mengonsumsi makanan olahan, gemar menyantap junk food atau makanan cepat saji hingga makananan berlemak jenuh.  

Sementara makanan yang disarankan adalah biji-bijian serta makanan kaya protein seperti ayam, telur, daging, lentil. Anda juga perlu memilih minyak sehat dan konsumsi berbagai asupan produk susu. 

Ilustrasi Pola Makan Sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi Pola Makan Sehat. (Shutterstock)

2. Manajemen stres

Melansir dari Insider, stres kronis atau stres yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu risiko serangan jantung.

Stres juga dapat meningkatkan detak jantung, serta memicu perliaku tidak sehat.  Peristiwa yang terasa seperti serangan jantung yaitu sindrom patah hati atau kardiomiopati takutsubo. Ini juga dikenal sebagai kardiomiopati akibat stres.

Oleh karena itu, di masa pandemi ini Anda perlu mengelola stres dengan berbagai kegiatan positif dan tetap terhubung dengan orang-orang tersayang. 

3. Lakukan aktivitas fisik

Berolahraga setidaknya selama 45 menit dalam sehari atau hanya sekadar banyak jalan bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Ilustrasi Tidur Cukup. (Shutterstock)
Ilustrasi Tidur Cukup. (Shutterstock)

4. Pola Tidur

Dilansir dari Science Daily, orang-orang yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan peluang penyakit kardiovaskular hingga 54 persen. Sementara orang yang tidur lebih dari delapan jam akan meningkatkan 39 persen risiko kardiovasakular. 

Dengan begitu, maka Anda disarankan untuk tidak tidur terlalu lama atau terlalu sebentar. Para peneliti mengatakan bahwa pola tidur seimbang berdurasi antara 6-8 jam setiap malam.

5. Lakukan skrining rutin

Selain memastikan bahwa Anda mengikuti semua hal di atas, pemeriksaan rutin untuk memastikan kesehatan jantung secara keseluruhan juga penting untuk dilakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini