Info

Termasuk Es Teh, 5 Minuman Ini Harus Dibatasi karena Tinggi Gula

Minuman tinggi gula tak baik untuk pasien diabetes atau prediabetes.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Es teh. (pixabay)
Es teh. (pixabay)

Himedik.com - Menjaga kadar gula darah tetap stabil menjadi salah satu kunci agar kondisi kesehatan tetap terkendali tertama bagi pasien diabetes dan prediabetes. Oleh karena itu, pola hidup sehat seperti asupan minuman perlu diperhatikan. 

Melansir dari Healthline, ada beberapa asupan minuman tinggi gula yang sebaiknya Anda hindari atau kurangi seperti beberapa minuman ini, antara lain:

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi salah satu minuman manis yang pelu Anda hindari. Pada dasarnya minuman jenis ini sangat sangat tinggi karbohidrat. Sebagai contoh, dalam satu kaleng cola 354 ml mengandung 38,5 gram karbohidrat. 

Selain itu, minuman bersoda juga sarat dengan fruktosa yakni pemanis yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan diabetes. Kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman bergula dapat menyebabkan perubahan metabolisme di mana dapat meningkatkan lemak perut dan kadar kolesterol serta trigliserida.

2. Yoghurt Berperasa

Yoghurt tanpa perasa memang bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Namun, yoghurt berperasa nyatanya malah mengandung karbohidrat dan gula. 

Yogurt berperasa biasanya dibuat dari susu tanpa lemak atau rendah lemak dan sarat dengan karbohidrat serta gula. Faktanya, 1 cangkir yogurt rasa buah mengandung hampir 31 gram gula. Oleh karena itu, daripada memilih yogurt bergula tinggi maka pilihlah yogurt susu murni tanpa gula yang kaya manfaat. 

Yogurt stroberi. (Shutterstock)
Yogurt stroberi. (Shutterstock)


3. Jus Buah Kemasan

Meskipun jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat, namun pengaruhnya terhadap kenaikan gula darah mirip dengan soda dan minuman manis lainnya. Misalnya, 8 ons (250 mL) soda dan jus apel masing-masing mengandung 22 hingga 24 gram gula. Satu porsi jus anggur yang menyediakan 35 gram gula.

Sama halnya dengan minuman yang dimaniskan dengan gula, jus buah juga mengandung fruktosa. 

4. Susu coklat

Susu coklat adalah susu yang telah diberi rasa coklat dan dimaniskan dengan gula. Susu pada dasarnya memang minuman yang sangat bergizi dan menjadi sumber nutrisi yang kaya untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium dan protein.

Namun, segelas susu coklat 230 ml mengandung gula tambahan 11,4 gram atau  setara dengan 2,9 sendok teh.

5. Es teh manis

Orang Indonesia sering kali minum es teh manis usai makan. Padahal sebagian besar es teh terutama yang kemasan setidaknya mengandung sekitar 35 gram gula per 340 ml. Kandungan gula dalam es teh manis hampir sama dengan sebotol Cola.

Berita Terkait

Berita Terkini