Info

Jangan Digoreng, Coba 5 Cara Sehat Masak Kentang Ini

Agar kandungan nutrisinya tidak terbuang percuma, sebaiknya hindari masak kentang dengan cara digoreng.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kentang.
Ilustrasi kentang.

Himedik.com - Sebagai asupan karbohidrat, kentang populer menjadi makanan sehari-hari pengganti nasi. Namun sayangnya, banyak yang lebih suka menggorengnya, padahal cara itu dapat membuang kadar nutrisi di dalamnya dan kurang sehat.

Kentang sendiri adalah makanan penyedia energi dengan sedikit kandungan lemak. Ia kaya akan karbohidrat, vitamin C, kalium dan vitamin B. Untuk mendapatkan sebagian besar rasa dan nutrisi dari kentang, Anda perlu memasaknya dengan cara yang sehat.

Dilansir dari Boldsky, berikut cara sehat untuk masak kentang.

1. Dipanggang

Kentang panggang cocok dengan hampir semua makanan. Selain itu, memanggang kentang adalah cara yang sehat dan mudah untuk memasak kentang. Namun, pastikan Anda merebus kentang dan menghindari memanggangnya lebih lama karena akan meningkatkan kandungan akrilamida. Penelitian telah menunjukkan bahwa akrilamida memiliki efek merugikan pada tubuh.

2. Ditumbuk/mashed potatoes

Cara sehat lainnya untuk makan kentang adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk tumbuk tanpa tambahan mayones atau keju. Kentang tumbuk tidak hanya berfungsi sebagai lauk yang sempurna tetapi juga menjadi topping yang enak untuk burger atau sandwich buatan rumahan.

Ilustrasi mengupas kulit kentang. (Pixabay/pasja1000)
Ilustrasi mengupas kulit kentang. (Pixabay/pasja1000)

3. Dijadikan salad

Salad kentang adalah kudapan yang sehat, mudah dan dikemas dengan nutrisi karena ada tambahan sayuran dan rempah-rempah. Tentunya, hindari tambahan mayones atau saus mustard.

4. Dibikin sup

Semangkuk sup kentang hangat adalah pilihan enak dan sehat untuk hawa dingin. Sebagian besar versi sup kentang menambahkan krim dan keju, tetapi versi sup kentang yang lebih sehat dapat dimasak dengan kaldu ayam dan sayuran.

5. Jangan buang kulit kentang

Kita sering mengupas kentang dan membuang kulitnya begitu saja. Padahal, memasak kentang dengan kulitnya akan memberi lebih banyak serat makanan, vitamin C, dan kalium. Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit kentang mengandung banyak serat makanan. 100 g kentang yang dimasak dengan kulit menyediakan 2,1 g serat, sedangkan 100 g kentang yang dimasak tanpa kulit menyediakan 1,8 g serat.

Berita Terkait

Berita Terkini