Info

Studi: Tato Bisa Merusak Kelenjar Keringat Kulit

Berkurangnya keringat yang dihasilkan dapat menunjukkan bahwa kerusakan kelenjar terjadi selama kulit ditusuk berulang kali saat tato diterapkan.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi tato - (Unsplash/Julia Giacomini)
ilustrasi tato - (Unsplash/Julia Giacomini)

Himedik.com - Memiliki tato menjadi hal yang mungkin diinginkan banyak orang. Namun Anda perlu tahu bahwa sebuah penelitian baru menemukan bahwa area kulit yang ditato tidak mengeluarkan keringat sebanyak bagian tanpa tato. Hal mungkin berimplikasi pada kemampuan tubuh untuk mendinginkan diri.

Dilansir dari Medical Xpress, keringat normal bekerja membantu mengatur suhu tubuh. Kelenjar keringat ekrin, yang ditemukan di seluruh tubuh, menghasilkan keringat berbasis air untuk mendinginkan tubuh.

Kerusakan pada kelenjar ekrin dapat mengganggu respons berkeringat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko panas berlebih. Studi pertama dari jenisnya ini diterbitkan sebelum dicetak di Journal of Applied Physiology.

Para peneliti mempelajari relawan dengan tato di lengan atas atau bawah mereka berukuran setidaknya 5,6 sentimeter persegi dan area kulit yang tidak bertato yang berdekatan.

Untuk meningkatkan respons seluruh tubuh berkeringat, para relawan mengenakan setelan perfusi yang mengalirkan air panas ke suhu 120 derajat F selama 30 menit atau lebih.

Tim peneliti kemudian mengukur suhu tubuh internal peserta dan tingkat keringat serta suhu kulit pada area kulit yang bertato dan tidak bertato di lengan yang sama. Para peneliti juga menggunakan teknik laser untuk mengukur aliran darah di kulit.


Namun, pengukuran aliran darah tidak dapat diandalkan, kemungkinan karena sifat reflektif atau penyerap dari tinta yang digunakan pada tato partisipan.

Hasilnya, ditemukan bahwa area bertato dan non-tato mulai berkeringat pada waktu yang hampir bersamaan sebagai respons terhadap panas, yang menunjukkan bahwa sinyal saraf ke kelenjar keringat berfungsi normal di kulit bertato.

Namun, berkurangnya keringat yang dihasilkan dapat menunjukkan bahwa kerusakan kelenjar terjadi selama kulit ditusuk berulang kali saat tato diterapkan.

Tato berukuran kecil cenderung tidak mengganggu pengaturan suhu tubuh secara keseluruhan, namun penurunan keringat pada area yang bertato dapat berdampak pada pembuangan panas. Terutama ketika tato menutupi permukaan kulit yang lebih luas.

"Data ini menunjukkan bahwa efek jaminan dari proses tato berdampak negatif pada fungsi kelenjar keringat ekrin dan dapat dianggap sebagai komplikasi jangka panjang potensial atau efek samping dari prosedur kosmetik ini," tulis peneliti.

Penelitian sebelumnya yang terbit di Journal of Applied Physiology telah menemukan bahwa kulit yang bertato memiliki konsentrasi natrium yang lebih tinggi dalam keringat, ini menunjukkan berkurangnya fungsi saluran keringat ekrin.

Proses pengaplikasian tato sendiri bisa membutuhkan hingga 3.000 tusukan ke kulit per menit, yang dapat mengakibatkan kerusakan kelenjar keringat.

Berita Terkait

Berita Terkini