Info

Ada Tanggal Kedaluwarsa di Botol Air Mineral, Apa Fungsinya?

Meski tidak bisa membusuk, ada tanggal kedaluwarsa di botol air mineral yang kita beli.

Yasinta Rahmawati

<p><a href=Ilustrasi air minum (Pixabay/congerdesign)

">

Himedik.com - Air putih atau air mineral pada dasarnya tidak bisa membusuk. Namun mungkin Anda memperhatikan ada tanggal kedaluwarsa di tiap kemasan botol air mineral. Hal ini mungkin membuat bertanya-tanya apakah air mineral bisa kedaluwarsa sehingga tak layak lagi dikonsumsi.

Dilansir dari Live Science, ada beberapa alasan mengapa botol air mineral memiliki tanggal kedaluwarsa. Yang pertama adalah birokrasi pemerintah: air adalah produk makanan yang dapat dikonsumsi. Karenanya, harus tunduk pada undang-undang yang mewajibkan tanggal kedaluwarsa untuk semua bahan habis pakai.

Selain itu, banyak perusahaan botol air mineral menggunakan mesin yang sama yang mereka gunakan untuk botol soda dan minuman lain yang kadaluwarsa dan harus memiliki tanggal kadaluwarsa.

Lebih mudah dan lebih efisien untuk hanya memberi cap pada semua botol (baik diperlukan atau tidak) daripada menggunakan mesin khusus hanya untuk air kemasan.

Tanggal kedaluwarsa biasanya hanya satu elemen dari kode cetak yang juga mengidentifikasi tanggal, pabrik pembotolan, dan informasi lainnya.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Meskipun tanggal kedaluwarsa itu sendiri tidak ada artinya dalam hal air membusuk, informasi pabrik dapat berguna untuk melacak kontaminasi, kesalahan pembotolan, atau penarikan produk.

Lalu, air di dalam tidak membusuk, botol plastik yang mewadahinya bisa "kedaluwarsa". Jika sudah melewati batas tanggal, pada akhirnya botol plastik akan mulai melepaskan bahan kimia ke dalam air.

Hal ini tidak serta merta membuat air menjadi beracun, tetapi mungkin membuatnya terasa berbeda rasa dari "mata air pegunungan segar". Jadi sebelum mengeluh rasa dari air mineral tidak enak, cek dulu tanggal kedaluwarsa di botol tersebut.

Penyimpanan air kemasan dengan benar pun diperlukan karena dapat mencegah berbagai efek samping yang disebabkan oleh penyimpanan yang sembarangan.

Salah satu kesalahan paling umum dalam penyimpanan botol air mineral adalah menaruhnya di lingkungan yang hangat. Perlu diketahui, hawa panas dapat membuat plastik mengeluarkan racun ke dalam air yang berbahaya untuk dikonsumsi.

Untuk itu, menyimpan botol air mineral di tempat yang sejuk dan kering dapat menjauhkan efek samping negatif untuk jangka waktu yang lebih lama.

Berita Terkait

Berita Terkini