Info

Bisa Diterapkan, Ikuti 5 Langkah untuk Berhenti Merokok Ini

Penting untuk mencari cara berhenti merokok, karena merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penyakit serius di kemudian hari.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi berhenti merokok. (pixabay)
Ilustrasi berhenti merokok. (pixabay)

Himedik.com - Seperti yang diketahui, kebiasaan merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar yang menjadi perokok pasif. Salah satu penyakit kronis yang berisiko menyerang perokok adalah kanker paru-paru.

Oleh karena itu, Anda perlu berusaha menghentikan kebiasaan merokok demi kesehatan diri sendiri dan orang yang dicintai.

Anshu Laura, apoteker LloydsPharmacy telah membuat daftar lima langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok, dilansir dari Express, antara lain:

Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]
Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]

1. Menyingkirkan godaan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk berhenti merokok adalah membuang rokok, tembakau, dan asbak yang ada dihadapanmu. Anda juga perlu mengubah rutinitas yang memicu kebiasaan merokok.

Jika Anda suka merokok setelah makan, cobalah mengisap permen, membaca buku, atau aktivitas lain setelah makan untuk mengalihkan keinginan merokok.

2. Pelajari tentang NRT

NRT singkatan dari terapi penggantian nikotin yang bisa membantu berhenti merokok, seperti mengonsumsi permen karet atau memakai semprotan mulut.

Produk NRT bekerja dengan melepaskan nikotin secara perlahan dengan kecepatan rendah ke dalam aliran darah untuk mencegah penarikan diri. Produk ini telah terbukti dua kali lebih ampuh membantu menghentikan kebiasaan merokok.

3. Mencari dukungan

Bantuan dan nasihat ahli dapat meningkatkan peluang keberhasilan untuk berhenti merokok sebanyak empat kali. Anda juga bisa meminta bantuan teman dan keluarga untuk selalu memberi dukungan dan mengingatkan diri agar terus termotivasi berhenti merokok.

4. Olahraga

Selain menggunakan produk NRT, Anda juga perlu tetap aktif secara fisik untuk membantu berhenti merokok. Penelitian juga membuktikan bahwa berjalan kaki atau peregangan selama lima menit bisa membantu mengurangi rasa lapar karena menghasilkan bahan kimia anti-nafsu di otak.

5. Menyibukkan diri

Menganggur atau tidak ada aktivitas bisa merusak benteng yang dibangun untuk berhenti merokok. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu sibuk atau aktiv melakukan sesuatu agar tangan dan mulut tidak berkeinginan mengambil rokok. Anda bisa membaca buku, mengerjakan tugas rumah tangga, dan yang lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini