Info

Masker Berbahan Sutra Lebih Efektif Menangkal Virus Corona Covid-19

Peneliti melihat bahwa sutra jauh lebih efektif sebagai penahan kelembapan daripada kain lainnya,

Yasinta Rahmawati

Ilusstrasi masker kain (Pixabay/maja7777)
Ilusstrasi masker kain (Pixabay/maja7777)

Himedik.com - Menurut sebuah studi baru dari para peneliti dengan University of Cincinnati. Dalam analisis tentang jenis kain apa yang terbaik saat membuat masker buatan sendiri, sutra disebut menjadi yang terbaik.

Para peneliti mengatakan bahan ini tidak hanya nyaman tetapi juga bernapas dan menolak kelembapan - sebuah "sifat yang diinginkan dalam memerangi virus di udara."

Sutra mengandung sifat antimikroba, antibakteri dan antivirus alami dan bila digunakan dalam konjugasi dengan respirator, dilakukan serupa dengan masker bedah, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Para peneliti mencatat bahwa banyak petugas kesehatan memakai masker bedah di atas respirator N95 mereka dalam upaya melindungi mereka dan memperpanjang umur N95.

Ilustrasi kain sutra (Pixabay)
Ilustrasi kain sutra (Pixabay)

Temuan mereka menunjukkan bahwa masker sutra mungkin merupakan alternatif yang sama efektifnya dengan masker bedah dalam skenario ini, karena pasokan masker bedah terbatas, kata mereka.

Lebih khusus lagi, tembaga yang ditemukan dalam sutra terbukti bermanfaat saat menggunakan bahan ini untuk membuat masker wajah.

“Tembaga adalah kegemaran besar sekarang. Sutra mengandung tembaga di dalamnya. Ngengat sutra rumahan memakan daun mulberry. Mereka memasukkan tembaga dari makanan mereka ke dalam sutra, "kata Patrick Guerra, asisten profesor biologi di Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan Universitas Cinncanti.

Ia mencatat bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan tembaga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus setelah kontak.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti menguji kain katun dan poliester bersama dengan beberapa jenis sutra "untuk melihat seberapa efektif masing-masing penghalang untuk menolak air, mewakili tetesan pernapasan yang mengandung virus.

Mereka memutuskan bahwa sutra jauh lebih efektif sebagai penahan kelembapan daripada kain lainnya, "keduanya menyerap tetesan air dengan cepat," mereka menemukan.

“Kapas memerangkap kelembapan seperti spons. Tapi sutra bisa bernapas. Ini lebih tipis dari kapas dan sangat cepat kering, "kata Guerra.

Hipotesis yang sedang berlangsung adalah virus corona ditularkan melalui tetesan pernapasan, lanjutnya.

“Jika Anda mengenakan lapisan sutra, itu akan mencegah tetesan masuk dan diserap. Pekerjaan terbaru oleh peneliti lain juga menemukan bahwa peningkatan lapisan sutra meningkatkan efisiensi penyaringan. Artinya, bahan sutra bisa mengusir dan menyaring tetesan. Dan fungsi ini meningkat dengan jumlah lapisan."

(Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait

Berita Terkini