Info

Bahaya Infeksi Virus Corona dan Flu Sekaligus, Kenali Gejalanya!

Seseorang akan lebih berbahaya bila menderita flu musiman sekaligus terinfeksi virus corona Covid-19 di musim dingin.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi flu. (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi flu. (Pixabay/Mojpe)

Himedik.com - Memasuki musim dingin, semua orang perlu melindungi dirinya dari virus corona Covid-19 sekaligus serangan flu musiman, seperti influenza.

Kedua penyakit pernapasan itu menyerang tubuh dan akan menimbulkan gejala ketika sistem kekebalan melawan balik. Sayangnya, banyak orang memiliki pemahaman lengkap mengenai infeksi dari kedua penyakit tersebut.

Tapi, seorang dokter di Inggris telah memperingatkan tentang twindemic Covid-19 dan flu yang bisa melanda seluruh dunia pada musim dingin.

Seseorang yang terinfeksi salah satu jenisnya, pada akhirnya akan lebih rentan terhadap kedua penyakit pernapasan tersebut.

Menurut para ahli, yang mengatakan koinfeksi akan menyebabkan kerusakan besar dalam tubuh menjelaskan bahwa virus corona Covid-19 dan flu musiman bisa menyerang tubuh saat bersamaan.

Gejala Flu dan Pilek. (Shutterstock)
Gejala Flu dan Pilek. (Shutterstock)

Saat seseorang menderita flu, sistem kekebalan akan bertindak melawan penyerang yang membutuhkan energi. Tapi, Dokter Seema Yasmi, ahli epidemiologi Stanford mengatakan di waktu bersamaan, respons itu akan membuat virus corona Covid-19 lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

"Sekali Anda terinfeksi flu dan beberapa virus pernapasan lainnya, hal itu bisa melemahkan tubuh. Pertahanan tubuhmu akan menurun dan membuatmu rentan terinfeksi keduanya," jelas Dokter Seema dikutip dari Express, Senin (5/10/2020).

Selain itu, risiko kematian Anda juga akan meningkat lebih tinggi karena kedua penyakit itu sama-sama bisa menyebabkan kematian.

Sayangnya, dokter juga sulit memastikan seseorang terinfeksi virus corona Covid-19 sekaligus flu musiman pada waktu bersamaan. Tapi, ada gejala tertentu yang bisa Anda perhatikan.

Saat sistem kekebalan merespons, hal itu akan memancing gejala yang sama untuk kedua penyakit tersebut, yakni demam tinggi, batuk, sesak napas dan kelelahan.

Gejala tersebut hampir tidak berbeda karena tubuh menggunakan metode yang sama untuk merespons kedua penyakit itu. Seseorang bisa mengalami perubahan suhu sekaligus batuk.

Namun, pakar kesehatan telah mengidentifikasi beberapa perbedaan halus pada gejala keduanya. Virus corona Covid-19 menyebabkan gejala aneh berupa hilangnya rasa dan bau yang disebut sebagai tanda khas, tetapi flu musiman tidak.

Berita Terkait

Berita Terkini