Info

Mau Turunkan Berat Badan tapi Tetap Ngemil? Konsumsi 5 Camilan Sehat Ini

Beberapa camilan nyatanya terhitung sehat dan tak menggemukkan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi ngemil. (pixabay)
Ilustrasi ngemil. (pixabay)

Himedik.com - Makan makanan ringan di waktu senggang atau saat mengerjakan sesuatu memang terasa cocok. Namun, banyak orang yang khawatir akan menaikkan berat badan ketika banyak makan camilan

Melansir dari Healthline, nyatanya ada beberapa camilan sehat yang malah membantu turunkan berat badan, antara lain:

1. Campuran Kacang

Mengemil berbagai campuran kacang cukup bergizi dan bisa membantu menurunkan berat badan. Kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan dapat membantu mencegah kanker, depresi, dan penyakit lainnya.

Meski relatif tinggi lemak, kacang-kacangan adalah camilan yang mengenyangkan sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dalam jumlah sedang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. 

Kacang-kacangan sendiri mengandung lemak sehat, protein, dan serat.

Seorang perempuan sedang menikmati kacang kenari. [Shutterstock]
Seorang perempuan sedang menikmati kacang kenari. [Shutterstock]

2. Cokelat Hitam dan Almond

Cokelat hitam dan kacang almond bisa jadi perpaduan camilan yang sempurna. Cokelat hitam sendiri mengandung flavanol yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, harus diperhatikan bahwa cokelat setidaknya mengandung 70 persen kakao.

Sementara almond yang tinggi lemak tak jenuh tunggal bisa menyehatkan jantung dan membantu mengontrol gula darah. Studi juga menunjukkan kombinasi cokelat hitam dan kacang almond dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menurunkan berat badan. 

3. Potongan Buah

Potongan berbagai macam buah seperti pisang, apel, pir, anggur, jeruk bali, dan jeruk bisa menjadi camilan sehat berserat tinggi.

4. Telur Rebus

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan cocok untuk Anda yang sedang mengontrol berat badan. Telur mengandung protein, vitamin K2 dan B12.

Telur juga sangat mengenyangkan dan mengontrol nafsu makan. Hal ini yang pada gilirannya bisa membantu Anda menurunkan berat badan. 

Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).
Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).

5. Edamame

Edamame merupakan sejenis kacang-kacangan dari Jepang. Edamame sendiri adalah hidangan kedelai mentah yang dikukus.

Edamame kaya akan antioksidan kaempferol yang telah terbukti membantu menurunkan berat badan dan gula darah. Jenis kacang ini juga dikenal tinggi folat dan beberapa mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan mangan.

Berita Terkait

Berita Terkini